Ini Poin-Poin Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2022

Jakarta, Kabarserasan.com—Sesuai jadwal, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (16/08/2022) menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2022, di kompleks DPR-MPR RI yang dihadiri seluruh pejabat tinggi negara.

Dalam pidatonya, Jokowi membahas beberapa hal yang krusial, seperti kondisi ekonomi, capaian vaksinasi, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dan banyak poin penting lainnya. Berikut poin-poin pidato kenegaraan Jokowi tersebut, sebagaimana dirangkum Kompas.com, .

1. Capaian vaksinasi Indonesia terbesar kelima di dunia
Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia berhasil menghadapi krisis global pandemi Covid-19, bahkan Indonesia termasuk lima negara dengan capaian vaksinasi terbanyak. “Termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan,” ungkap Jokowi.

2. Inflasi dapat dikendalikan
Di tengah kondisi ekonomi global yang terus menurun, menurut Jokowi, Indonesia berhasil mengendalikan inflasi di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berkisar sekitar 7 persen, serta jauh di bawah negara maju yang berada di sekitar 9 persen.

3. APBN surplus Rp 106 triliun
Menurut Jokowi, sampai dengan pertengahan tahun 2022 ini, kondisi APBN surplus Rp 106 triliun. Oleh karena itu, menurutnya, pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan listrik sebesar Rp 502 triliun pada 2022. Cara ini agar BBM di masyarakat tak melambung tinggi.

4. Ekonomi Indonesia tumbuh positif
Masih di bidang ekonomi, Jokowi juga mengatakan bahwa ekonomi Indonesia tumbuh positif di 5,44 persen pada kuartal kedua tahun 2022. Menurutnya neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut. Pada semester 1 2022 surplus berkisar Rp 364 triliun.

5. Sumber daya alam diindustrikan
Di sector industry, Jokowi menyebut, Indonesia memiliki kekuatan sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Sumber daya tersebut menurutnya akan menjadi kekuatan yang besar jika dikelola dengan bijak dan berkelanjutan. “Syaratnya satu, harus dihilirkan dan diindustrikan di dalam negeri, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional,” ujar presiden. Jika itu dilakukan, maka akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

6. Kepercayaan internasional terhadap Indonesia meningkat
Lebih lanjut Jokowi mengatakan, kepercayaan internasional kepada Indonesia saat ini meningkat tajam. Hal ini terlihat dari diterimanya Indonesia oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Selain itu, Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global, Presiden G20 pada tahun 2022, serta tahun depan, menjadi Ketua ASEAN. “Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional,” kata Jokowi.

7. Ekonomi Indonesia Tumbuh Merata
Jokowi mengatakan ekonomi tumbuh merata berkat hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri yang tumbuh pesat. Dengan pertumbuhan investasi meningkat tajam sebanyak 52 persen di antaranya berada di luar Jawa. “Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris,” ungkapnya.

8. Hilirisasi Bauksit, Tembaga, dan Timah
Presiden Jokowi selanjutnya mengatakan, hilirisasi dan industrialisasi SDA harus terus dilakukan, seperti nikel yang berhasil meningkatkan ekspor besi baja 18 kali lipat. Di mana pada akhir 2022 diharapkan bisa mencapai Rp 440 triliun hanya dari nikel saja. Menurutnya pemerintah juga akan mendorong hilirisasi bauksit, tembaga dan timah.

9. Optimalisasi Sumber Energi Bersih
Jokowi mengatakan terkait optimalisasi sumber energi bersih, persemaian dan rehabilitasi hutan tropis, hutan mangrove dan habitat laut akan terus dilakukan. Jokowi mengatakan, kawasan industri hijau di Kalimantan Utara akan menjadi Green Industrial Park terbesar di dunia.

10. Beras tak lagi impor
Di kesempatan ini Jokowi juga menyebut bahwa Indonesia dalam tiga tahun terakhir tak lagi impor beras. Ia menyebut pembangunan bendungan dan irigasi telah mendukung peningkatan produktivitas nasional. “Kita baru saja memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institute karena kita dinilai mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019,” ucapnya.

11. Pemberantasan Korupsi Jadi Prioritas
Menurut Jokowi, pemberantasan korupsi masih terus menjadi prioritas utama pemerintahannya. Ia menyebut, korupsi besar di Jiwasraya, ASABRI, dan Garuda telah berhasil dibongkar dan saat ini tengah dilakukan pembenahan total. Penyelamatan aset negara, seperti BLBI terus dikejar dan telah menunjukkan hasil.

12. Reforma Agraria dan Bansos Terus Dilakukan
Jokowi juga menekankan bahwa reforma agraria, perhutanan sosial dan sertifikasi tanah akan terus dilanjutkan. Selain itu, bantuan sosial (bansos) juga dilanjutkan dengan sinergi yang lebih baik. Program pelatihan dan bantuan untuk para pekerja juga akan ditingkatkan dengan program diharapkan menjangkau nelayan, petani, buruh, pekerja informal, dan penyandang difabel.

13. Dukungan kepada UMKM
Poin selanjutnya Jokowi membahas mengenai UMKM yang harus terus didukung agar bisa segera naik kelas. Selain itu berbagai bantuan pendanaan murah juga terus dilanjutkan. Kewajiban APBN, APBD dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri juga terus didisiplinkan.

14. Pembangunan IKN
Terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan, Jokowi berpesan agar kelangsungan pembangunan terus dijaga. Karena menurut Jokowi, IKN bukan hanya untuk ASN, namun juga inovator dan wirausahawan. Selain itu, bukan hanya berisi kantor pemerintah, namun menurutnya juga motor penggerak bagi ekonomi baru. “Kawasan Inti Pusat Pemerintahan memang dibangun oleh APBN, tetapi selebihnya, 80% investasi swasta diundang untuk berpartisipasi,” katanya.

15. Persiapan Pemilu
Di bidang politik, khususnya menyangkut pelaksanaan Pemilu 2024, Jokowi mengatakan bahwa tahapan Pemilu sedang dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)sehingga harus didukung sepenuhnya. Ia mengingatkan agar jangan ada lagi politisasi agama, dan polarisasi sosial. Jokowi berpesan demokrasi harus semakin dewasa dan konsolidasi nasional diperkuat.

16. Dorong Pengamalan Pancasila
Dalam pidatonya ini Jokowi mengatakan dirinya menghargai upaya MPR mendorong pengamalan Pancasila. Menurutnya Ia juga menghargai upaya MPR untuk mengkaji substansi dan bentuk hukum Pokok-Pokok Haluan Negara, serta menggagas kerja sama internasional dalam mengatasi permasalahan global. (fir)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here