Kurangi Dampak Lingkungan PTBA Terus Tanam Pohon di Area Bekas Tambang

Muaraenim, Kabarserasan.com—Sebagai perusahaan pertambangan batu bara, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berkomitmen mengurangi dampak lingkungan hidup, salah satunya dengan menanam pohon di area bekas tambang. Hingga Juni 2022, perusahaan ini tercatat total menanam 1.333.350 batang pohon di 2.144,26 hektar.

Di area itu, berbagai jenis pohon ditanam, di antaranya Sengon, Jati, Mahoni, Kayu Putih, Akasia, Angsana, Merbau, Bambu, Jabon, Pinus, Johar, Longkida. Tahun 2022 ini, PTBA menargetkan tambahan reklamasi lahan seluas 17,19 ha.

“PTBA menerapkan kaidah Good Mining Practice dalam melakukan operasi pertambangan dari awal hingga akhir. Kami memperhatikan aspek keberlanjutan dalam setiap kegiatan operasional. Reklamasi lahan juga dilakukan sebagai wujud komitmen PTBA untuk melakukan dekarbonisasi,” kata Corporate Secretary PTBA, Apollonius Andwie, sebagaimana disampaikannya melalui rilis kepada media ini, Senin (01/08/2022).

Tak hanya reklamasi lahan, PTBA telah menjalankan sejumlah program untuk mendukung dekarbonisasi. Dari sisi operasional, perusahaan menerapkan Eco Mechanized Mining yakni mengganti peralatan pertambangan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi elektrik.

Selain itu, PTBA juga menerapkan E-Mining Reporting System, yaitu sistem pelaporan produksi secara real time dan daring sehingga mampu meminimalkan pemantauan konvensional yang menggunakan bahan bakar.

Langkah lainnya yakni penggantian bahan perusak ozon (BPO) seperti penggunaan refrigerant AC yang ramah lingkungan dan penggantian Halon 1211 pada alat pemadam api ringan (APAR). “Perusahaan telah memiliki roadmap manajemen karbon hingga tahun 2050. Sepanjang Januari-Juni 2022, pengurangan emisi yang sudah dilakukan oleh PTBA mencapai 77 ribu ton CO2e,” ujarnya. (fir)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here