Mendagri Setuju Kampus IPDN Dibangun di Sumsel

Palembang, Kabarserasan.com—Keinginan Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru untuk membangun kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Sumsel bisa saja terwujud, setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang bertemu dan mendengarkan usulan Herman Deru mengenai hal itu, Rabu (31/07/2022) menyatakan setuju dan akan mendukung realisasinya.

“Saya sudah bicara dengan pak gubernur, kita akan carikan opsi untuk Sumbagsel agar tidak harus lagi ke Jakarta atau ke Bukit Tinggi (Sumatra Barat) untuk mereka yang dari Bengkulu, Lampung, Babel (Banghka Belitung) dan Jambi, termasuk Sumsel, nanti bisa di sini (Sumsel),” kata Mendagri kepada media yang menemuinya usai pertemuan tersebut.

Menurut Mendagri yang putera asali Sumsel ini, usulan serupa pernah diajukan Provinsi Riau namun mengalami kendala terkait sejumlah persyaratan. Karena itu, Mendagri minta Pemprov Sumsel melengkapi dokumen dan lahan sebagai syarat penting agar dapat diproses.

“Kalau memang memenuhi dan ada tanahnya jelas, ada sertifikatnya siapkan saja, termasuk kesiapan masyarakatnya, kami juga akan follow up. InsyaAllah kita doakan bisa,” kata Tito yang mantan Kapolri ini.

Lampu hijau dari Mendagri tersebut diambut gembira Herman Deru, dan menyatakan siap memenuhi sejumlah persyaratan yang diperlukan. Mengenai lokasi dan lahan untuk kampus tersebut, Herman menyatakan berada di Kabupaten Pagaralam. “Usulan secara resmi segera kami ajukan setelah ada lampu hijau dari beliau ini,” ujarnya.

Menurut gubernur yang akrab dipanggil HD ini, usul pendirian kampus itu bertujuan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia daerah yang berjiwa kepamongan, profesional, dan kompeten. Pihaknya menyiapkan lahan seluas 20 hektare yang berada di tempat strategis dan nyaman.

“Alumni IPDN nantinya dapat mengisi ruang kosong, terutama di daerah pemekaran yang kurang pegawai,” jelas HD. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here