Tim Pakar BNPB: Virus PMK Tidak Menular ke Manusia

Petugas sedang vaksin hewan ternak sapi

Jakarta, Kabarserasan.com—Saat ini tercatat 317.889 kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang diderita hewan ternak telah ditemukan di 21 Provinsi di Indonesia. Warga masyarakat tetap perlu waspada, karena menurut Koordinator Tim Pakar Penanganan PMK, Prof Wiku Adisasmito, meski virus PMK tidak menular ke manusia tapi manusia bisa menjadi sumber pembawa virus ini.

“Berdasarkan jenis hewan ternak saat ini PMK telah menyerang sapi 309.000 ekor, kemudian kerbau 5.600 ekor, kambing 1.300 ekor, domba 1.000 ekor, babi 16 ekor. PMK tidak menularkan dari hewan ke manusia. Kendati demikian manusia bisa menjadi pembawa virus PMK ke hewan berkuku belah,” jelas Wiku, Kamis (07/07/2022) di Jakarta.

Namun Wiku mengingatkan, meskipun virus PMK pada hewan ternak tidak menular ke manusia, namun manusia dapat membawa virusnya dan menulari kepada hewan yang sehat,” ujar Wiku, seraya mengajak masyarakat bahu membahu menangani wabah PMK yang penularannya sangat cepat seperti Covid-19.

Berita Terkait: Akibat Virus PMK Ribuan Hewan Ternak Mati

“Kita harus bahu membahu dalam penanganan PMK ini karena penyakit ini berdampak signifikan pada perkembangan ekonomi di Indonesia,” ajaknya. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here