PTBA Isi Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dengan Bersihkan Sungai Enim

Tanjungenim, Kabarserasan.com—Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar berbagai kegiatan, salah satunya, bersama unsur Tripika Lawang Kidul, Tim Rescue Perusahaan, dan komunitas pegiat lingkungan mengadakan aksi bersih sampah di Sungai Enim, yang dilaksanakan Kamis (30/06/2022)

Kegiatan ini dibuka di halaman kantor Camat Lawang Kidul, dihadiri General Manager PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim, Venpri Sagara, Kepala Kantor Dinas Lingkungan Hidup Muara Enim Kurmin, Camat Lawang Kidul Andrille Martine, unsur Tripika, serta komunitas pecinta lingkungan setempat

Aksi bersih sampah diawali dari Desa Keban Agung hingga Museum Bukit Asam Eks BDN Tanjung Enim. Venpri Sagara, dalam kegiatan ini mengajak masyarakat ikut menjaga ekosistem di Sungai Enim dengan tidak membuang sampah di sungai.

Menggunakan sembilan perahu karet dilengkapi APD, masing-masing peserta membawa kantong plastik untuk mengumpulkan sampah dari sekitar sungai. Sampah yang terkumpul kemudian diangkut oleh petugas ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Camat Lawang Kidul, Andrille Martine menyambut baik kepedulian perusahaan plat merah ini, karena sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di wilayah ini. “Saya sangat berterima kasih kepada PTBA dan perusahaan lain yang terlibat dalam aksi bersih-bersih sungai Enim kali ini. Nanti ini bisa menjadi agenda rutin, minimal satu bulan sekali,” kata Andrille.

Hal sama dikemukakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Muara Enim, Kurmin dan berharap ini jadi momentum untuk menyadarkan masyarakat agar pentingnya hidup sehat, salah satunya dengan menjaga kebersihan air sungai dari sampah.

Dari Ketua Panitia HLHS PTBA, Renny Tri Miranti diperoleh informasi, selain PTBA, kegiatan ini juga melibatkan beberapa perusahaan swasta lain, seperti PT PAMA, PT SBS, PT Ripansi, serta sejumlah komunitas masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul.

“Tujuannya untuk mengedukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di Sungai. Karena sungai merupakan sumber penghidupan, yang perlu dijaga kebersihannya,” tutur Renny.

Selain aksi bersih Sungai Enim, peringatan HLHS oleh PTBA juga diisi dengan serangkaian kegiatan lain, yakni Fun Bike, penanaman pohon di lahan reklamasi tambang, serta sejumlah kegiatan lomba di internal perusahaan terkait Lingkungan Hidup, antara lain lomba Green Workshop, perlombaan terkait pemenuhan aspek lingkungan dan pengelolaan limbah B3 di area kerja perusahaan dan mitra kerja, lomba foto, poster dan video bertema lingkungan hidup, serta kampanye pentingnya lingkungan bersih di sekolah dan workshop. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here