Indonesia Dapat Tambahan Kuota 10 Ribu Jemaah Haji Dari Arab Saudi

Jakarta, Kabarserasan.com—Kabar gembira bagi para calon Jemaah haji yang sudah mendaftar. Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, mengatakan, pemerintah Arab Saudi memberi tambahan kuota kepada Indonesia sebanyak 10.000 untuk musim haji tahun 2022 ini.

“Iya penambahan kuota 10.000,” kata Aziz, sebagaimana dikutip dari Antaranews.com. Aziz menjelaskan, pemberian kuota haji tambahan ini sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan  Pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga: Untuk Layanan Haji Kemenang Berangkatkan 325 Petugas

Pada musim haji tahun 2019 lalu misalnya, Indonesia pun mendapatkan kuota tambahan sebanyak 10.000. “Sebetulnya itu tradisi ya. Pemerintah Saudi memberikan tambahan kuota hampir tiap tahun, kuota 10.000 itu hampir tiap tahun,” kata Aziz, Jumat (24/06/2022) di jakarta.

Sebagai informasi, kuota haji Indonesia tahun ini sebanyak 100.051. Dengan adanya tambahan kuota tersebut, Aziz selanjutnya menyerahkan sepenuhnya pengaturan pemberangkatannya kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Sebetulnya kalau jumlah itu katakan dua minggu sebelumnya, mungkin itu masuk dalam kuota yang sekarang, Cuma kan karena secara teknis memerlukan proses yang agak panjang dan mungkin juga penambahan pendanaan. Menyangkut penambahan pendanaan ini harus melalui proses dan izin DPR terlebih dahulu,” jelas Aziz. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here