Pemerintah Targetkan 208 Juta Vaksinasi Covid-19 di Tahun 2022

Petugas KKP Kelas I Denpasar memeriksa surat rapid test antigen milik warga yang baru tiba di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Senin (21/12/2020). Pemeriksaan tersebut digelar 19 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 atau selama liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

Jakarta, Kabarserasan.com—Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan vaksinasi lengkap cegah penyebaran virus Covid-19 di tahun 2022 kepada 208,2 juta warga akan dicapai di pertengahan tahun 2022.

Terkait merebaknya virus Covid-19 varian terbaru, Omicron, pemerintah mengimbau warga masyarakat sementara tidak dulu bepergian ke luar negeri terutama ke negara Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan USA, terkait maraknya virus Omicron merebak di negara-negara itu.

Bagi yang tidak bisa menunda bepergian ke luar negeri, pemerintah kepada para pelaku perjalanan tetap harus sudah divaksinasi dosis lengkap sebelum bepergian. Persyaratan itu juga berlaku bagi yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Untuk pelaksanaannya di lapangan, Kemenkes, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com, telah mengeluarkan Surat Edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

Capaian vaksinasi tidak lepas dari modal sosial masyarakat Indonesia yang tinggi dengan saling berpartisipasi dalam menyelenggarakan kegiatan vaksinasi. Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin melalui skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini.

Seluruh masyarakat Indonesia diminta memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari Covid-19.

Editor: Firdaus Masrun

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here