Berantas Buta Matematika, PTBA Gelar Pelatihan Guru SD

Tanjungenim, Kabarserasan.com—Sebagai bentuk upaya pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Sabtu (18/12/2021) menggelar kegiatan yang disebut Festival Belajar Matematika, sebagai bagian dari Gerakan Nasional Berantas Buta Matematika (Gernas Tastaka).

Kegiatan yang berlangsung di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan ini mengambil tema “Upayakan Proses Belajar Menuju Guru Berdaya”. Kegiatan ini dikuti 205 guru Kelas 1-6 Sekolah dasar (SD) se Kecamatan Lawang Kidul, yang mengikutinya secara daring melalui aplikasi zoom. Kegiatan ini dibuka secara resmi Senior Manager Corporate Social Responsibility (SM CSR) PTBA, Hartono. Kegiatan dimulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Gerakan Tastaka yang menjadi bagian Festival Belajar Matematika merupakan kali kedua dihelat PTBA. Sebelumnya, pada Jumat 13 Agustus 2021, Gernas Tastaka telah dilaunching oleh Penjabat Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, SH, MM dan Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto.

Hartono mengatakan, program ini diadakan untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas, khususnya untuk bidang matematika. Program ini juga, sebagai cara untuk menyukseskan program CSR PTBA yaitu meningkatkan kualitas pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.

Menurut Hartono, kegiatan ini merupakan kolaborasi apik antara CSR PTBA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, Nahdhatul Ulama (NU) Circle untuk menyukseskan Gerakan Berantas Buta Matematika atau Gernas Tastaka.

Hartono juga mengungkapkan rasa sangat bangganya, karena PTBA bisa menjadi bagian dari program yang diluncurkan oleh Gernas Tastaka.

“Insya Allah dengan adanya kolaborasi apik ini yang diawali di Kecamatan Lawang Kidul menjadi wilayah episentrum ke daerah-daerah lainnya,” ucap Hartono mengakhiri sambutannya.

Terkait acara ini, Wakil II Ketua Umum Koordinator Bidang Pendidikan dan SDM NU Circle, Achmad Rizali mengatakan, program ini merupakan hasil dari berbagai pelatihan yang diadakan sebelumnya. Pihaknya mengharapkan guru-guru yang ditraining akan meningkat secara kualitas dalam mengajar di kelas dengan baik, terutama di bidang matematika pada jenjang sekolah dasar.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif Camat Lawang Kidul, Andrille Martin,yang menurutnya sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tenaga didik khususnya guru matematika SD di wilayahnya.

“Terima kasih kepada PT Bukit Asam melalui CSR, karena telah memberikan bantuan-bantuan ke sekolah, membiayai siswa untuk belajar sampai ke luar negeri. Kami sangat berterima kasih akan hal itu, terima kasih CSR PTBA,” ucapnya.

Hal sama juga dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Muara Enim, Irawan Supmidi yang ikut secara daring, bahwa kegiatan ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran kepada guru-guru kami di sekolah agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here