Herman Deru Ingatkan Bangun Masjid Perhitungkan Jemaahnya

Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru (Foto: Humas Pemprov Sumsel)

Palembang, Kabarserasan.com—Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru mengharapkan pembangunan masjid hendaknya dibangun dengan dana sukarela berbasis kekuatan muslim dalam membangun rumah ibadah, bukan dengan meminta secara sembarangan, apalagi semata mengikuti hawa nafsu membangun rumah ibadah tanpa memperhitungkan jumlah jemaah yang akan menggunakannya.

“Dalam membangun rumah ibadah para pengurus masjid harus proporsional. Artinya menyesuaikan dengan kebutuhan, dan tidak menuruti hawa nafsu. Tidak ada gunanya membangun masjid bagus dan megah kalau jemaahnya sepi,” ucap Gubernur Herman Deru saat acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Darussalam di Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat I Palembang, Rabu (29/09/2021) pagi.

Herman Deru mengingatkan juga, agar pembangunan masjid dilakukan secara efisien, dengan memanfaatkan dana dari jemaah sekitar. “Harapan kita masjid ini dibangun melalui kekuatan kaum muslimin jadi jangan mencari pendanaan dengan cara yang kurang sehat,” pesan gubernur yang akrab dipanggil HD ini.

Terkait penggunaan masjid, Deru juga minta tidak semata untuk kegiatan salat, tapi juga kegiatan ibadah lain. “Nantinya masjid ini selain tempat ibadah juga dapat diisi dengan kegiatan syiar Islam baik itu berupa pengajian, tahfidz qur’an, pelatihan pengurusan jenazah dan lomba azan misalnya,” harap Herman Deru.

Di kesempatan itu Gubernur Sumsel ini menyerahkan bantuan 1000 zak semen. Atas bantuan ini, Ketua Masjid Darussalam, Nurul Ikhsan menyambut gembira bantuan ini. “Terima kasih pak Gubernur yang sudah meletakan batu pertama, kita targetkan paling lama tiga tahun bangunan Masjid ini sudah selesai,” ujar Nurul.(fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here