Salurkan Bantuan Beras Gubernur Deru Gandeng LSM PNSB

Gubernur Sumsel Herman Deru serahkan ban tuan beras

Palembang_Kabarserasan.com—Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) Paguyuban Nusantara Sumsel Bersatu (PNSB) saat menyerahkan bantuan beras sebanyak 46, 6 ton kepada kepada masyarakat tiga kecamatan di Kota Palembang, Selasa (21/9/2021).

Warga tiga kecamatan yang semuanya berada di kawasan Seberang Ulu Kota Palembang tersebut, yakni Kecamatan Seberang Ulu 1, Kecamatan Kertapati dan Kecamatan Jakabaring. Gubernur Deru mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Sumsel kepada masyarakat yang terpapar Covid-19 agar tetap bersemangat menjalani kehidupan ehari-hari.

“Bantuan ini bukan berarti merendahkan, tapi ini bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Bantuan ini memang tidak mencukupi, namun minimal bisa meringankan beban masyarakat,” kata Herman Deru.

Diakui Deru, pandemi Covid-19 yang sampai kini masih mewabah di hampir seluruh wilayah Indonesia, dampaknya membuat perekonomian masyarakat terpuruk. “Sebab itu, kita menggandeng PNSB untuk bersama-sama memberikan perhatian ini kepada masyarakat. Pemerintah ini akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat agar masyarakat sejahtera,” terangnya.

Terkait ketersediaan pangan bagi masyarakat, Gubernur Sumsel ini menyatakan pemerintahannya terus mengupayakan pemaksimalan lahan sawah di provinsi ini, mewujudkan Sumsel Mandiri Pangan.

“Kita menginginkan agar masyarakat mandiri dalam hal konsumsi. Artinya masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangannya untuk menanam tanaman yang biasa dikonsumsi. Untuk bibitnya, tentu akan kita bantu,” ujarnya.

Dicanangkannya program tersebut lantaran dia menilai ukuran kesejahteraan masyarakat bukan tergantung dari berapa tinggi penghasilan, tapi tergantung dari mahal atau murahnya biaya hidup.

“Untuk itu saya mengajak Ketua RT dan RW, termasuk PNSB terlibat aktif untuk mengedukasi masyarakat sehingga biaya hidup masyarakat dapat semakin murah melalui upaya kecil ini,” tuturnya.

Terkait kegiatan penyaluran bantuan beras ini, Ketua Umum DPP PNSB H Syahrial Oesman mengatakan, keterlibatan pihaknya dalam upaya membantu Pemprov Sumsel agar bantuan yang diberikan ke masyarakat, tepat sasaran.

“Ini bukti jika Pemprov Sumsel terus berupaya untuk kesejahteraan masyarakat. Di sisi lain kami dari PNSB menjamin bantuan ini tepat sasaran dan mudah-mudahan bermanfaat. PNSB juga akan terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat ini,” tegas Syahrial yang mantan Gubernur Sumsel ini. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here