Desa Proklim Binaan PTBA Dikunjungi Saka Kalpataru Sumsel

Muaraenim, Kabarserasan.com— Desa Tanjung Karangan Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, yang menjadi Desa Proklim (Program Kampung Iklim) binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Minggu (22/08/2021) mendapat kunjungan Saka Kalpataru Sumatera Selatan (Sumsel).

Kunjungan Saka Kalpataru Sumsel ini, dalam rangkaian peringatan ke-60 Hari Pramuka tahun 2021. Dalam kunjungan itu, mereka bersinergi bersama PTBA, melaksanakan kegiatan bakti sosial. Ini menurut Dela Agusnaini, Sekretaris Saka Kalpataru Sumsel, sejalan program Satuan Karya Pramuka yang salah satunya bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup.

“Kegiatan Saka Kalpataru lebih menekankan pada isu lingkungan secara umum dengan tujuan akhirnya adalah membentuk generasi muda yang ramah lingkungan hidup,” jelas Dela.

Anggota Saka Kalpataru sendiri, terang Dela, merupakan pramuka golongan Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun) yang diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati, di samping keterampilan dan pengetahuan tentang kepramukaan pada umumnya.

Desa Tanjung Karangan menjadi tempat tujuan kegiatan, lanjut Dela, karena desa ini adalah desa Proklim, yang menurut pihak PTBA sebagai perusahaan pembinanya, dilakukan banyak kegiatan terkait lingkungan. Saka Kalpataru Pramuka Sumsel di kesempatan ini melakukan beberapa kegiatan seperti upaya mitigasi, penanaman pohon di daerah aliran sungai, serta pembagian masker dan hand sanitizer untuk warga sekitar.

Dari PTBA hadir di kegiatan ini Asisten Manajer Bina Lingkungan CSR PTBA, Listati, yang mewakili perusahaannya menyatakan sangat mendukung kegiatan Saka Kalpataru atas Sumsel ini. Sementara dari masyarakat setempat, hadir Kepala Dusun 3 Desa Tanjung Karangan yang juga Ketua Desa Proklim ini, Muhammad Jailani

“Kami berharap kunjungan ini dapat memberi manfaat pembelajaran agar generasi muda lebih peka dan peduli terhadap lingkungan,” ujar Listati.

“Alhamdulillah kami bisa berbagi ilmu kepada Dewan Saka Kalpataru. Kami juga senang melihat antusias mereka mengikuti seluruh kegiatan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PTBA atas bimbingannya sehingga membuat desa kami menjadi desa proklim dan mendapat berbagai penghargaan,” ucap Jailani. (fir)

Baca Juga: PTBA Dukung Gerajan Nasional Pemberantasan Literasi

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here