Percha Leanpuri, Namanya Yang Penuh Arti

Percha Leanpuri. (Foto: Istimewa)

Kabar wafatnya Percha Leanpuri, sungguhlah mengejutkan, setidaknya bagi masyarakat Sumatra Selatan. Bukan sekedar karena wanita ini puteri Gubernur Sumsel, Herman Deru, tapi juga karena kiprahnya—terutama di bidang politik dan sosial, yang di usianya terbilang muda, telah mengharumkan namanya.

Dikutip dari beberapa sumber, Percha Leanpuri B Bus MBA, wanita kelahiran Belitang (Ogan Komering Ulu Timur, Sumsel) 24 Juni 1986 ini pernah menjadi senator ketika terpilih dua kali menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) berturut-turut, yakni pada periode 2009-2014 dan periode 2014-2019, mewakili Provinsi Sumatra Selatan. Dan terakhir, sulung dari empat bersaudara ini tercatat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Daerah Pemilihan Sumsel II, periode 2019-2024.

Tak hanya di bidang politik, lulusan Victoria University dan University Of Ballarat Malaysia ini juga aktif di sejumlah kegiatan lain. Ia misalnya, merupakan Duta Literasi Sumatera Selatan sejak 2018. Ia juga berprestasi di bidang seni dan modeling.

Isteri Syamsudin Isaac Suryamanggala ini pernah menjadi The best catwalk supermodel YAPMI Sumsel di 2001 dan pernah mewakili Indonesia sebagai penari di Floriade 2001, Amsterdam, Belanda.

Arti Nama Percha

Tak banyak yang tahu, arti namanya yang memang terbilang unik, Percha. Dalam sebuah wawancara dengan media lokal Sumatra Selatan, wanita ini menjelaskan bahwa Percha merupakan nama pemberian ayahnya yang merupakan akronim atau singkatan.

“Itu kan artinya Percha (Percampuran), sedangkan Leanpuri (Lematang, Ogan, Way Umpu, dan Komering),” jelasnya dalam wawancara ekslusif dengan media tersebut

Percha juga aktif di organisasi olahraga. Ia merupakan wanita pertama yang memimpin organisasi Persatuan Boling Indonesia (PBI), di mana ia menjabat sebagai ketua umum di organisasi itu untuk periode 2019-2023, setelah secara aklamasi terpilih dalam Musyawarah Nasional 2018 di Jakarta, 7 Desember 2018 lalu.

Selamat jalan Percha, dedikasimu menginspirasi banyak orang. Semoga kini kau tenang di sana (fir)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here