Gelar Coaching Clinic PWI Sumsel Tingkatkan Kualitas Wartawan

Palembang, Kabarserasan.com— Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya meningkatkan mutu penulisan di kalangan wartawan, di antaranya melalui program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan juga kegiatan Coaching Clinic.

Yang terakhir ini mereka lakukan Senin (09/08/2021) secara daring (Zoom meeting) dan luring di kantor PWI Sumsel, Jalan Supeno No 11 Palembang. Sebagai narasumber PWI Sumsel menghadirkan langsung ahli Bahasa Indonesia, Linny Oktovianny, MPd yang hadir langsung di aula PWI Sumsel. 100 peserta di kalangan wartawan mengikuti kegiatan ini, 80 peserta di antaranya mengikuti secara daring.

Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar, mengatakan, Coaching Clinic ini termasuk program unggulan PWI Sumsel dalam meningkatkan kualitas wartawan, terutama dalam penggunaan Bahasa Indonesia. Alasannya, bahasa adalah satu faktor yang menentukan produk jurnalistik, sebab penyajian berita dan konten bergantung dengan kemasan bahasa yang baik dan benar. Karena itu, kegiatan seperti ini akan terus mereka lakukan.

“Kemungkinan akan digelar sesi berikutnya dengan kajian yang berbeda masih terkait penggunaan Bahasa Indonesia, ke depan PWI akan menggelar Coaching Clinic dengan topik liputan investigasi,” ujar Firdaus.

Linny menyambut baik kegiatan ini, terlebih menyangkut upaya pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di kesempatan ini, Linny mengenalkan Kamus Bahasa Indonesia dalam bentuk digital, yang menurutnya mempermudah pengguna Bahasa Indonesia mengetahui Bahasa Indonesia yang baku.

“Peran media menjadi penting dalam memasyarakat kata kata baru. Namun demikian, ada tiga unsur untuk sebuah kata menjadi ejaan yang bisa digunakan dalam Bahasa Indonesia. Pertama, kata itu mesti jelas dan menggambarkan konsep. Kedua, lebih efektif dari kata acuan, dan ketiga lebih memuat makna nilai rasa,” jelas Linny. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here