Peserta Liga 2 Dibagi 4 Grup, Sriwijaya FC Ingin Jadi Tuan Rumah Grup

Sriwijaya FC, salah satu peserta Liga 2 Tahun 2021

Jakarta, Kabarserasan.com—Peserta kompetisi sepakbola nasional Liga 2 musim 2021 yang bersiap digelar, akan dibagi menjadi empat grup, sesuai rencana awal dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai pihak penyelenggara. Demikian dikatakan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, kepada media di Jakarta, Selasa (27/07/2021).

Hadian menjelaskan, format empat grup ditetapkan karena LIB dan PSSI sebagai organisasi induk persepakbolaan di Indonesia, menganggap itu yang paling ideal dengan skema Liga 2, disesuaikan dengan jumlah laga sekaligus pertimbangan proses penentuan promosi dan degradasi.

“Banyak pertimbangan dan ini semua hasil diskusi dengan PSSI,” ungkap Hadian seperti dikutip dari LKBN Antara.

A Hadian lukita, Dirut PT LBI

Liga 2 Indonesia 2021 rencananya digelar mulai September 2021, diproyeksikan berlangsung dengan format turnamen, dikuti 24 klub, dan setiap grup dilaksanakan di wilayah berbeda. Tuan rumah penyisihan grup adalah salah satu dari klub dalam grup terkait.

Sriwijaya FC Ingin Tuan Rumah

Penentuan tuan rumah dilakukan melalui pengundian . Delapan klub sudah mencalonkan diri menjadi tuan rumah fase grup, salah satunya Sriwijaya FC, klub kebanggaan masyarakat Provinsi Sumatra Selatan. Tujuh klub lainnya yaitu PSMS Medan, Sriwijaya FC, Martapura Dewa United, PSCS Cilacap, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, PSPS Riau Pekanbaru, dan Persis Solo..

Kompetisi Liga 2 2021 diawali dengan fase grup yang menggunakan sistem double round robin. Setiap grup meloloskan 2 klub terbaik buat bersaing di 8 besar yang juga menggunakan sistem double round robin. Dari 8 besar, 4 klub terbaik bertarung silang di semifinal. Dua klub pemenang maju ke final yang menggunakan format single match.

Terdapat 148 laga yang digelar dengan sistem bubble atau home tournament di seluruh daerah yang ditentukan dalam drawing atau penunjukan.

Babak penyisihan berlangsung pada Juli hingga September 2021 digelar dalam 4 grup yang masing-masing berisikan 6 klub. Ada 10 pekan laga dengan sistem kompetisi penuh dengan total 120 laga. Dua klub teratas setiap grup maju ke 8 besar atau kuarter final.

Fase kuarter final berlangsung pada Oktober hingga November 2021. Digelar dengan format grup. Ada 2 grup dengan masing-masing berisikan 4 klub. Durasi 6 pekan dengan sistem kompetisi penuh. Total 24 laga. Dua klub teratas setiap grup berhak ke semifinal.

Semifinal berlangsung pada November 2021 dengan format single match dan pemenang melaju ke final. Klub yang kalah melangkah ke play off buat penentuan peringkat 3-4.

Laga final dihelat Desember 2021 dengan format single match. Ke-2 klub finalis berhak promosi ke kompetisi Liga 1 musim berikut.

24 klub kontestan Liga 2 2021:
1. PSMS Medan
2. PSPS Riau Pekanbaru
3. AS Abadi Tiga Naga
4. Semen Padang
5. Sriwijaya FC
6. Muba Babel United FC
7. Badak Lampung FC
8. Perserang Serang
9. RANS Cilegon FC
10. PSKC Cimahi
11. Persekat Tegal
12. Persijap Jepara
13. Persis Solo
14. PSCS Cilacap
15. PSG (Pati)
16. Persigo Semeru HW
17. Mitra Kukar
18. Martapura (Dewa United)
19. Hizbul Wathan Sidoarjo
20. Persiba Balikapapan
21. Kalteng Putera
22. Sulut United FC
23. PSBS Biak
24. Persewar Waropen

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here