Orang Tua dan Guru Perhatikan Ini Sebelum Siswa Divaksin Covid-19

Ilustrasi siswa sedang belajar di kelas sekolah

Kabarserasan.com–Saat ini pemerintah melaksanakan program vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 12 tahun hingga 17 tahun. Sejumlah sekolah pun telah melaksanakan program vaksinasi bagi peserta didiknya. Dilansir dari akun Instagram resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Senin (19/5/2021), ada beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait program vaksinasi Covid-19 bagi usia 12 tahun hingga 17 tahun.

Dinas Pendidikan Kota Surabaya pun memberikan jawaban yang diunggah di akun Instagram resminya. Yuk simak informasi terkait pertanyaan dan jawaban Dinas Pendidikan Kota Surabaya seputar vaksinasi bagi anak usia 12 hingga 17 tahun, sebagaimana dikutip dari kompas.com.

1. Syarat apa yang harus dimiliki anak untuk menerima vaksin?
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Anak berusia 12 hingga 17 tahun, anak dalam kondisi badan sehat dan tidak ada keluhan seperti badan panas, batuk pilek, tidak ada penyakit bawaan, penyakit autoimun dan penyakit penyerta lainnya.

2. Kenapa yang divaksin hanya anak usia 12 hingga 17 tahun?
Bagaimana yang di bawah usia ini? Saat percobaan di China beberapa waktu lalu, anak usia 3 hingga 11 tahun mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yaitu demam pasca vaksin. Sedangkan usia 12-17 tahun mengalami nyeri pada lokasi suntik bahkan hasil setelah vaksin juga aman serta imunogenitas yang ditimbuhlkan oleh tubuh juga baik. Berikutnya akan dilakukan uji coba fase ketiga pada usia 3 tahun hingga 11 tahun serta menunggu persetujuan serta dievaluasi oleh BPOM.

3. Kenapa anak harus dilakukan vaksin? Kalangan anak-anak, khususnya yang berusia 12-17 tahun menjadi target vaksinasi secara menyeluruh dari Indonesia. Dengan adanya program vaksinasi ini juga membentuk kekebalan komunal.

4. Asupan apa saja yang bisa dikonsumsi anak sebelum dan sesudah vaksin?
Tidak ada hal yang dikonsumsi khusus namun bisa mengonsumsi hal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Untuk vaksinasi yang diberikan kepada anak usia 12-17 tahun apakah beda dengan yang diberikan dengan orang dewasa berusia 18 tahun ke atas?
Vaksin yang diberikan sama dengan orang dewasa, yaitu vaksin Sinovac. Hal ini telah teruji klinis fase 1 dan fase 2 pada anak usia 13-17 tahun di Zanhuang, China.

6. Apa yang perlu dipersiapkan orangtua sebelum vaksin dan pasca vaksin?
Sebelum vaksin orangtua harus memastikan anak tidak memiliki keluhan dan tidak ada riwayat penyakit penyerta. Pastikan sebelum vaksin, perut sudah terisi, jangan melakukan vaksin dengan kondisi perut kosong. Biasanya terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada anak usia 12-17 tahun yaitu nyeri pada lokasi suntik dan berlangsung kurang lebih 1 hari.

7. Berapa banyak dosis vaksin yang diberikan pada anak usia 12-tahun?
Vaksinasi diberikan dengan dosis 0,5 ml. 8. Berapa jeda waktu yang dibutuhkan anak dari dosis 1 ke dosis 2? Untuk anak usia 12-17 tahun vaksin diberikan dengan jeda 1 bulan. Baca juga: Mahasiswa PTKIN Harus Jadi Contoh Gerakan Vaksinasi Covid-19 Demikian informasi yang diberikan Dinas Pendidikan Kota Surabaya seputar pelaksanaan vaksinasi bagi anak 12-17 tahun.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here