Euro 2021: Hentikan Denmark, Inggris Susul Italia ke Final

Ekspresi Harry Kane usai cetak gol dan membawa Inggris ke Final Euro 2021

London, Kabarserasan.com—Laga puncak memperebutkan trofi juara Euro 2021 bakal mempertemukan dua tim paling konsisten, setelah Timnas Inggris menyusul Italia yang lebih dulu ke final. Inggris melaju selepas menyudahi perlawanan tim ‘Dinamit’ Denmark dengan kemenangan 2-1 lewat perpanjangan waktu di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7/2021) malam waktu setempat atau Kamis (8/7/2021) dinihari WIB.

Dikutip dari laman resmi UEFA, skad Denmark sebetulnya lebih menguasai aliran bola meski tidak dengan persentase mencolok. Skuad besutan pelatih Kasper Hjulmand ini berkali-kali menekan pertahanan Inggris, bahkan unggul lebih dulu di menit 30 berkat gol Mikkel Damsgaard.

Sayang, keunggulan Denmark tak bertahan hingga laga bubar. Sialnya lagi, Inggris dapat menyamakan skor jadi 1-1 dengan sedikit keberuntungan dari gol bunuh diri Simon Kjaer di menit 39.

Skor 1-1 bertahan hingga laga waktu normal berakhir. Laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Memasuki fase ini, kiper Jordan Pickford memecahkan catatan 35 tahun kiper legendaris timnas Inggris bermain pada perpanjangan waktu di pentas Euro. Dan, lebih penting lagi, Inggris memastikan kemenangan 2-1 atas Denmark dengan gol persembahan Harry Kane di menit 104.

Gol vital cantik dari Kane inilah yang membuka peluang Inggris meraih trofi juara Euro 2021. Pada laga final di Stadion Wembey, London, Minggu (11/7/2021) malam waktu setempat atau Senin (8/7/2021) dinihari WIB, Inggris bakal bertarung melawan timnas Italia yang lolos duluan setelah menaklukkan Spanyol 5-3 lewat drama adu penalti.

Gol menentukan dari Kane tercipta melalui serangan dari lini tengah. Bola yang bergulir ke sisi kanan pertahanan Denmark diterima Kane. Striker Tottenham Hotspur ini sambil bergerak melebar mengirimkan umpan silang kepada Raheem Sterling di dalam kotak penalti Denmark. Steerling kemudian mengoper kembali ke Kane yang tanpa ampun mengeksekusinya dengan tendangan keras dan gol di menit 104. Gol Kane memastikan kemenangan Inggris.

Dalam tempaan pelatih Southgate, skuad berjuluk ‘The Theree Lions‘ ini memang tampil taktis sekaligus tangguh. Buktinya, sejak fase grup hingga memasuki semifinal, gawang timnas Inggris tak pernah kebobolan. Inggris pula yang mengubur harapan Der Panzer Jerman 2-0 di 16 besar.

Di balik ketaktisan dan ketangguhannya, skuad Inggris juga berpayung ‘dewi fortuna’. Tengok gol balasan Inggris yang membuat skor jadi 1-1 sehingga laga dilanjut ke perpanjangan waktu. Inggris memperoleh gol itu dari bunuh diri Simon Kjaer, bek Denmark, dalam sebuah situasi krusial di menit 39. Tanpa gol bunuh diri ini, tak mustahil Inggris tersingkir menyusul nasib Belanda, Jerman, Portugal, Prancis, dan Belgia.

Susunan pemain:
Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford – Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice/Henderson (95), Phillips; Saka/Grealish (69)/Trippier (106), Mount/Foden (95), Sterling; Kane
Pelatih: Gareth Southgate
Denmark (3-4-3): Kasper Schmeichel; Christensen/Andersen (79), Kjaer, Vestergaard/Wind (105); Stryger/Wass (67), Hojbjerg, Delaney/Jensen (88), Maehle; Braithwaite, Dolberg/Norgaard (67), Damsgaard/Poulsen (67)
Pelatih: Kasper Hjulmand

Hasil semifinal Euro 2021 di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7/2021) malam waktu setempat atau Kamis (8/7/2021) dinihari WIB:
Inggris 2-1 (1-1) Denmark
Pencetak gol Inggris: Simon Kjaer (bunuh diri Denmark) 39, Harry Kane 104
Pencetak gol Denmark: Mikkel Damsgaard 30

Jadwal final Euro 2021:
Minggu (11/7/2021) malam di Stadion Wembley, London, atau Senin (12/7/2021) dinihari WIB: Inggris vs Italia

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here