Pemerintah Mulai Salurkan Bansos Rp 300 Ribu ke Warga

Menko PKM, Muhadjir Effendi

Jakarta, kabarserasan.com—Pemerintah mulai menyalurkan bantuan sosial tunai atau BST Rp 300 ribu di masa berlakunya PPKM Darurat, khususnya di wilayah Jawa Bali. Bansos dikirimkan secara langsung ke rekening penerima bantuan.

Kepada media di Jakarta, Selasa (06/07/2021), Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan ada 10 juta penerima manfaat yang akan mendapatkan BST, yang penyalurannya dilakukan secara bertahap.

“Sekarang ini secara bertahap sudah tersalurkan. Artinya sudah dikirim ke rekening-rekening untuk yang lewat Bank Himbara,” kata Muhadjir menjelaskan.

Selain melalui rekening, penyaluran BST juga dilakukan melalui PT Pos. Penyalurannya pun sudah mulai dilakukan. “Untuk PT POS juga sudah mulai ada pengantaran uang langsung kepada keluarga penerima manfaat,” ujar mantan Menteri Pendidikan Nasional ini.

BSTdi masa PPKM Darurat ini, diberikan kepada keluarga yang terdampak pandemik Covid-19. Sebanyak 10 juta keluarga yang menjadi target, di dalamnya terdata masyarakat miskin baru akibat pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkap besaran BST yang diberikan di masa PPKM Darurat. Besarannya adalah Rp300 ribu per bulan. Khusus untuk bulan Mei dan Juni yang sempat tertunda, dibayarkan sekaligus sebesar Rp 600 ribu

Editor: Firdaus Masrun

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here