Kompetisi Liga 1 & Liga 2 Diputuskan Mundur ke Akhir Juli 2021

Rapat PSSI dan PT LIB yang memutuskan memundurkan jadwal Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 (Foto: Istimewa)

Jakarta, Kabarserasan.com—Publik penggemar, pengelola klub, para pemain beserta segenap perangkat lapangan lingkup sepakbola nasional masih harus bersabar untuk menyaksikan pagelaran sepakbola kasta tertinggi di tanah air, melalui ajang kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 yang dipastikan mundur lagi dari jadwal semula.

Sebelumnya PSSI sebagai otoritas penyelenggara sepakbola di tanah air sempat mengumumkan kedua kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia itu akan digulirkan mulai 10 Juli 2021 dengan sistem klaster.

Informasi terbaru, sebagaimana dikutip dari Tropis.news, berdasarkan hasil rapat PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputuskan mundur ke akhir Juli 2021. Keputusan memundurkan jadwal kompetisi ini sesuai permintaan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingat situasi di penjuru Tanah Air belakangan kembali memburuk.

Pada Kongres PSSI 2021, jadwal Liga 1 dan Liga 2 juga sudah diputuskan mundur dari jadwal 3 Juli 2021 jadi 10 Juli 2021. Kini, jadwal kembali mundur hingga ke akhir Juli 2021. Permintaan diundurnya jadwal kompetisi tertinggi di Tanah Air ini berangkat dari data jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat hingga jadi rekor baru dalam 2 pekan terakhir.

Permintaan agar jadwal Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ke akhir Juli 2021 ini dituangkan dalam surat keputusan Satgas Penanganan Covid-19 Nomor B-69/KA SATGAS/PD.01.02/06/2021 tertanggal Senin, 28 Juni 2021.

Dalam surat keputusan ini, Satgas Penanganan Covid-19 mencontohkan penambahan kasus Covid-19 pada 27 Juni 2021 yang mencetak rekor baru, yaitu 21.342 kasus baru sehingga kasus Covid-19 di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 2 juta kasus jelang akhir Juni 2021.

PSSI sendiri belum secara resmi menginformasikan pemunduran jadwal ini kepada seluruh anggota Liga 1 dan Liga 2. Meski begitu, PT LIB sudah menjalin komunikasi dengan para anggota Liga 1 dan Liga 2 melalui ‘zoom meeting‘.

Dalam rapat bersama PT LIB, PSSI menyampaikan informasi pihaknya menerima surat dari pemerintah yang diwakili Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satgas Penanganan Covid-19. Inti isi surat ini adalah memohon PSSI memundurkan jadwal Kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Patuh pada arahan pemerintah terkait perkembangan kasus Covid-19 yang kembali melonjak, PSSI pun menyatakan siap memenuhinya. Demi kebaikan bersama, sikap ini pun dipahami dan didukung PT LIB. Maka, tercapailah kesepakatan dalam rapat buat memundurkan jadwal Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ke akhir Juli 2021.

PSSI selaku federasi maupun PT sebagai operator kompetisi memahami latar belakang permintaan memundurkan jadwal Liga 1 serta Liga 2. Apalagi, secara teknis, kompetisi pun baru dapat berputar jika izin resmi dari pihak kepolisian RI sudah diterbitkan.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here