Euro 21, Italia ke Delapan Besar, Portugal dan Belanda Tumbang

Momen saat para pemain Republik Ceko meluapkan kegembiraan seusai menyingkirkan Belanda 2-0

London, Kabarserasan.com—Tiga kontestan menyusul langkah timnas Denmark yang melaju paling dulu ke kuarter final Euro 2021. Mereka adalah timnas Italia, Republik Ceko, dan Belgia setelah memenangi laga 16 besar pada Minggu (27/6/2021) malam waktu setempat atau Senin (28/6/2021) dinihari WIB.

Di Stadion Wembley, London, Italia mengatasi perlawanan alot Austria 2-1 lewat perpanjangan waktu. Di Stadion Puskás Ferenc, Hungaria, Repubik Ceko mendepak Belanda 2-0. Sementara di Stadion Olimpade Sevilla, Spanyol, Belgia menghentikan Portugal 1-0.

Dikutip dari laman resmi UEFA, timnas Italia terlibat duel alot dengan Austria sehingga hasil akhir ditentukan lewat perpanjangan waktu. Ke-2 kubu bermain tanpa gol di waktu normal 2 x 45 menit.

Duel di Stadion Wembley, London, ini berjalan ketat sejak awal hingga akhir. Skuad timnas Italia yang mengambil inisiatif melancarkan serangan lebih dulu sempat memperoleh 2 peluang di babak 1 dari Leonardo Spinazzola dan Lorenzo Insigne. Tapi, manuver keduanya dimentahkan kiper Austria Daniel Bachmann.

Italia kembali membuka peluang emas di menit 18. Sayang, bola hasil sepakan gelandang Nicolo Barella melanjutkan umpan tarik dari Spinazzola masih bisa dihalau kiper Bachmann dengan kakinya. Meski begitu, Italia terus menguasai aliran bola dan memaksa Austria menumpuk 10 pemainn di barisan pertahanan.

Kesempatan bikin gol didapat striker Italia Ciro Immobile. Ia sudah menaklukkan kiper Bachmann, tapi bola hasil tendangannya dari luar kotak penalti di menit 31 membentur mistar kanan gawang Austria. Skor 0-0 pun bertahan hingga laga waktu normal 2 x 45 menit selesai.

Penentuan timnas mana yang berhak meraih tiket kuarter final Euro 2021 pun dilanjut ke perpanjangan waktu. Italia akhirnya bisa unggul atas Austria di menit 95 lewat gol Federico Chiesa yang masuk di babak 2 menggantikan Domenico Berardi.

Tertinggal 0-1, para pemain Austria langsung melancarkan serangan balik. Giliran mereka yang mengurung pertahanan Italia demi mencetak gol balasan. Taktik ini ternyata justru menguntungkan Italia. Sibuk menyerang, pertahanan Austria jadi longgar dan ini dimanfaatkan Italia. Gol ke-2 pun dijaringkan Matteo Pessina di akhir babak 1 tambahan waktu.

Di babak 2 tambahan waktu, Austria tetap tampil terbuka dan menekan. Perjuangan mereka antara lain terlihat dari bola hasil tendangan keras Louis Schaub dari luar kotak penalti Italia. Tapi, bola masih bisa dihalau kiper Donnarumma dengan tangan kirinya.

Gol Austria baru tercipta di menit 114 melalui sundulan Sasa Kalajdzic memanfaatkan assist sepak pojok Schaub. Skor 2-1 buat keunggulan Italia bertahan hingga babak tambahan waktu selesai. Italia pun melaju ke kuarter final Euro 2021 dan bakal bertarung melawan Belgia yang pada laga lain menghentikan Portugal 1-0.

Main di Stadion Olimpade Sevilla, Spanyol, Belgia menang 1-0 atas Portugal berkat gol Thorgan Hazard di menit 42. Portugal yang maju ke 16 besar dari Grup F sebagai salah satu dari 4 peraih peringkat 3 terbaik fase grup gagal bikin gol balasan hingga laga bubar.

Laga seru dengan hasil akhir dramatis lain terjadi di Stadion Puskás Ferenc, Hungaria. Timnas Belanda yang tampil di 16 besar penuh percaya diri sebagai juara Grup C dengan poin sempurna (9) dan produktivitas gol mantap (8-2) terhenti akibat dilanda antiklimaks.

Skuad timnas Belanda racikan pelatih Frank de Boer tak berdaya di hadapan para pemain Republik Ceko yang memasuki lapangan lebih rileks setelah menikmati kesempatan melepas penat dengan latihan menembak. Status lolos ke 16 besar hanya sebagai salah satu peraih  peringkat 3 klasemen terbaik tak membuat nyali mereka ciut.

Di lapangan, dalam kondisi on fire, para pemain bintang Belanda memang mendominasi aliran bola sepanjang babak 1. Di menit 13, penetrasi Denzel Dumfries seusai menerima umpan panjang dari lini pertahanan, berdiri bebas dan melepaskan tembakan. Tapi, upaya Dumfries masih bisa diblok pemain belakang Republik Ceko.

Republik Ceko yang lebih mengandalkan serangan balik cukup punya banyak momentum bagus, termasuk saat Masopust menyodorkan umpan matang ke Barak. Sayang, bola hasil sepakan sang gelandang belum sampai melewati garis gawang Belanda.

Di masa injury time babak 1, Memphis Depay lepas dari penjagaan di dalam kotak penalti Republik Ceko dan mengoper bola ke Van Aanholt. Tapi, bola hasil tendangan kerasnya melesat melebar dari gawang Republik Ceko. Babak 1 pun berakhir tanpa gol.

Di babak 2, para pemain Belanda masih mendominasi aliran bola. Mereka terus mengurung pertahanan Republik Ceko. Di menit 52, Donyell Malen melewati 2 bek Republik Ceko, sayang saat tinggal berhadapan dengan kiper, Malen justru gagal melepaskan tembakan. Bola diamankan Tomas Vaclik.

Petaka buat Belanda datang di menit 55. Matthijs De Ligt diganjar kartu merah setelah jadi pemain terakhir yang menghentikan pergerakan Patrik Schick dan terlihat tangannya menyentuh bola.

Melanjutkan perjuangan dengan 10 orang, ritme permainan Belanda berubah. Aliran bola mulai beralih ke para pemain Republik Ceko. Melalui sebuah serangan ke pertahanan Belanda, Tomas Holes mencetak gol perdana Republik Ceko dengan memaksimalkan sepakan pojok rekannya. Skor berubah jadi 1-0 buat keunggulan Republik Ceko.

Belanda coba kembali menguasai aliran bola dan menekan pertahanan Republik Ceko guna mencetak gol balasan. Tapi, Republik Ceko dengan jitu memanfaatkan situasi Belanda yang mulai tegang dan pincang. Republik Ceko pun menjaringkan gol ke-2 melalui Patrik Schick. Unggul 2-0 hingga laga bubar, Republik Ceko pun memastikan 1 tiket kuarter final Euro 2021. Republik Ceko menghadapi Denmark yang lebih dulu tiba di kuarter final setelah menghajar Wales 4-0.

Susunan pemain
Belanda (3-5-2): Stekelenburg – Blind/Norman (82), Van Aanholt/Berghuis (81), De Vrij; Dumfries, De Ligt, Wijnaldum, De Roon/Weghorst (73), De Jong; Depay, Malen/Promes (59)
Pelatih: Frank De Boer
Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik – Celutska, Kaderabek, Coufal, Kalas; Holes/Kral (86), Masopust/Jankto (79); Sevcik/Hlozek (86), Barak/Sadilek (90+2), Soucek; Schick (Kremncik 90+2′)
Pelatih: Jaroslav Silhavy

Hasil laga 16 Besar Euro 2021, Minggu (27/6/2021) malam waktu setempat atau Senin (28/6/2021) dinihari WIB:
Italia 2-1 Austria
Pencetak gol Italia: Federico Chiesa 95, Matteo Pessina 99
Pencetak gol Austria: Sasa Kalajdzic 114
Belanda 0-2 Republik Ceko
Pencetak gol Republik Ceko: Tomas Holes 68, Patrik Schick 80
Kartu merah Belanda: Matthijs de Light 55
Belgia 1-0 Portugal
Pencetak gol Belgia: Thorgan Hazard 42

Jadwal Sisa 16 Besar Euro 2021 Waktu Setempat:
Senin (28/6/2021):

Kroasia vs Spanyol
Selasa (29/6/2021): Jerman vs Inggris
Rabu (30/6/2021): Swedia vs Ukraina

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here