Desa Sidomulyo Diresmikan Jadi Kampung Tangguh Narkoba

Muaraenim, Kabarserasan.com—Desa Sidomulyo, salah satu desa di Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, terus meraih prestasi dan mengharumkan namanya berkat keteladanan yang dilakukan segenap penghuni desa tersebut dalam hal penataan lingkungan hidup sebagai sebuah permukiman yang layak huni.

Setelah sebelumnya ditetapkan sebagai Desa Tangkal Covid-19 dan pernah masuk enam besar nasional sebagai desa dengan tertib administrasi PKK, desa ini Jumat (18/06/2021) ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Narkoba—percontohan dalam menangkal peredaran narkoba, di Kabupaten Muara Enim

Hari itu, datang ke desa ini Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar S.I.K bersama PJ. Bupati Muara Enim, diwakili Asisten II, Riswandar, Dandim 0404 Muara Enim, diwakili Danramil Gunung Megang Agus Sonjaya serta Kepala BNN Kabupaten Muara Enim AKBP H.Abdul Rahman, ST, untuk menetapkan Desa Sidomulyo dengan status barunya tersebut.

Prosesi peresmian Desa Sidomulyo sebagai Kampung Tangguh Narkoba, diawali pembacaan ikrar oleh pemuda Karang Taruna setempat bahwa mereka siap menangkal narkoba. Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan Gong peresmian Kampung Tangguh Narkoba oleh Riswandar, selaku pimpinan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Kapolres Muara Enim, dalam sambutannya mengatakan penetapan desa ini sebagai Kampung Tangguh Narkoba setelah melakukan penilaian bahwa kehidupan warga masyarakat desa ini layak jadi contoh untuk hidup sehat dan bersih tanpa narkoba. Karena itu Danny Sianipar mengajak seluruh warga masyarakat di kabupaten ini untuk mencontoh warga masyarakat desa ini.

“Menurut laporan dari kasat narkoba Desa Sidomulyo ini bisa dikatakan hampir tidak ada narkobanya, jadi sudah wajar kalo desa ini menjadi desa tangguh narkoba,” kata Danny

Dengan adanya desa tangguh narkoba ini, kata Danny, pencegahan tidak lagi selalu dibebankan ke pemerintah tapi juga menjadi tanggung jawab semua, termasuk warga masyarakat, terutama kalangan generasi muda.

Acara ini juga diisi dengan pembagian paket sembako, Al Qur’an, seperangkat alat olahraga dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada perwakilan masyarakat Desa Sidomulyo, penebaran bibit ikan lele, serta kegiatan Vasdoor oleh 18 peserta vaksinasi yang difasilitasi oleh Polres Muara Enim dalam memberikan layanan kesehatan door to door. (Kiki).

Baca Juga:
PKK Desa Sidomulyo, Masuk Enam Besar Nasional

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here