Aplikasi IKM Imigrasi Muara Enim, Kini Tiga Bahasa

Ruang Pelayanan Imigrasi Muara Enim. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Seiring dengan perkembangan kemajuan
teknologi yang semakin pesat, kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim
kembangkan Inovasi Indeks kepuasan masyarakat (IKM Pintar).

Kepala Kantor Imigrasi Muaraenim Made Nurhepi Juniartha mengatakan, selain mengikuti perkembangan teknologi, inovasi ini juga dalam rangka menunjang tugas dan fungsi keimigrasian dalam mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

” Ya, di tahun 2021 ini kami, kembali mengembangkan Inovasi Aplikasi IKM Pintar dengan penambahan fitur bahasa Asing dan mengintegrasikan pada Website Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim guna menunjang Indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja kita, ” kata Made, Selasa (1/6/2021).


Kepala Kantor Imigrasi Muaraenim Made Nurhepi Juniartha dan Assisten II Muara Enim H Riswandar. Kabarserasan.com/ist

Made menjelaskan, pengembangan Inovasi Aplikasi “IKM Pintar” di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim merupakan Mesin Inovasi Aplikasi dibuat ditahun 2020 dan diresmikan langsung oleh Bupati Muara Enim.

Dimana pada saat itu Kantor Imigrasi Muara Enim ingin memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat melalui penilaian dan komentar mereka terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas, yang tujuannya untuk menyasar masyarakat Warga Negara Indonesia pemohon Paspor Republik Indonesia.

“Sekarang tidak hanya Warga Negara Indonesia yang dapat menilai dan berkomentar terhadap layanan keimigrasian yang diberikan oleh petugas, namun Warga Negara Asing pun juga dapat menilai dan berkomentar terhadap kinerja kantor imigrasi Muara Enim,” terangnya.

Made menjelaskan, selain fitur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam aplikasi IKM tersebut, pihaknya juga menambahkan fitur dalam aplikasi IKM pintar tersebut bahasa China.

“Karena di wilayah kerja Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Muara Enim ada beberapa Proyek strategis Nasional yang pekerja asingnya adalah kebanyakan Warga Negara China jadi kami juga menambahkan fitur bahasa China, ” bebernya.

Menurutnya, aplikasi IKM pintar tersebut tidak hanya berlaku bagi kantor Imigrasi Muara Enim saja, namun juga berlaku kepada seluruh Unit Kerja Kantor (UKK) Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Muara Enim di wilayah Provinsi Sumsel.

” Sekarang masyarakat dapat dengan mudah mengakses inovasi aplikasi IKM Pintar ini, bisa lewat SmartPhone atau PC dimana saja dengan masuk pada Website Kantor yaitu : https://kanimmuaraenim.kemenkumham.go.id,” terangnya.

Ditambahkan Made, aplikasi IKM Pintar ini dapat melibatkan masyarakat secara langsung dalam menilai dan berkomentar terhadap kinerja Kantor Imigrasi Muara Enim.

“Ini langsung dipantau secara real time oleh saya, diharapkan dengan adanya IKM pintar ini akan terus menjadi tolak ukur kinerja para pegawai kita untuk tetap semangat dan komitmen didalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, melanjutkan tujuan untuk mewujudkan Zona Integritas dalam merealisasikan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, ” pungkasnya.

Penulis: Kiki
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here