Lagi, PLTS Tanjung Raja Dikunjungi Pejabat Luar Daerah

Rombongan Pejabat dari Pemkab OKI, kunjungi PLTS Tanjung Raja Muara Enim. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan  membuat daerah lain berminat untuk mengetahui lebih lanjut.

Setelah Bupati Lampung Tengah, kini giliran Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan yang mengunjungi PLTS Desa Tanjung Raja.

Rombongan Pemkab OKI yang dipimpin Staf Ahli Bidang Pembangunan Setda OKI H Fahrul Rozi disambut Kepala Desa Tanjung Raja Hisuliadi didampingi BPD dan lembaga desanya lainnya, Selasa (25/05/202).

Berdasarkan pantauan, selain mengunjungi langsung PLTS, rombongan Pemkab OKI juga belajar sekaligus sharing terkait penerapan PLTS di wilayahnya, baik untuk pengairan sawah maupun penyaluran air ke rumah-rumah warga melalui PLTS.

“Setelah melihat pemberitaan di media online terkait PLTS yang diterapkan Desa Tanjung Raja untuk pengairan sawah warga. Kita tertarik menerapkan PLTS ini di Kabupaten OKI. Oleh karena itu, kita datang kesini,” tutur Staf Ahli Bidang Pembangunan Setda OKI H Fahrul Rozi S Sos MM disela-sela kegiatan kunjungannya.

Berita Terkait: PLTS Tanjung Raja Dikunjungi Bupati Lamteng

Selain untuk pengairan sawah, kata Fahrul Rozi, PLTS ini juga bisa dimanfaatkan untuk penyaluran air bersih ke rumah-rumah warga. Sehingga pihaknya sangat tertarik menerapkan PLTS ini di Kabupaten OKI.

“Usai kunjungan ini, kita akan segera rapat terkait penerapan PLTS di OKI. Doakan semoga PLTS ini bisa segera kita wujudkan di Kabupaten OKI, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Raja Hisuliadi ketika dibincangi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Staf Ahli Bidang Pembangunan Setda OKI H Fahrul Rozi  beserta rombongan dalam rangka melihat langsung pengelolaan PLTS di Desa Tanjung Raja.

“Semoga PLTS ini juga bisa diterapkan di Kabupaten OKI. Dan kita siap membantu Pemkab OKI dalam mengelola PLTS ini kedepannya,” ucap Hisuliadi.

Hisuliadi menambahkan, selain mengelola PLTS bantuan dari CSR PTBA Tbk, pihaknya melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) juga telah mengembangkan dan mengelola pupuk bokhasi.

“Alhamdulillah, pupuk bokhasi yang dikelola Bumdes Desa Tanjung Raja mendapat juara dua tingkat provinsi Sumsel sebagai Bumdes Terinovatif melalui usaha inovasi pupuk bokasinya,” pungkasnya.

Penulis/Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here