PLTS Tanjung Raja Dikunjungi Bupati Lamteng

Bupati Lampung Tengah H Musa Ahmad berkunjung ke PLTS Desa Tanjung Raja Muara Enim. Kabarserasan.com/ist

Muara Enim, Kabarserasan.com — Dalam rangka mempelajari dan melihat secara ng proses pengairan sawah dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Bupati Lampung Tengah (Lamteng) H Musa Ahmad beserta rombongan berkunjung langsung ke Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (22/05/2021).

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Lampung Tengah itu disambut baik oleh Kepala Desa Tanjung Raja Hisuliadi yang didampingi BPD dan lembaga desa lainnya.

“Kami ucapkan terima kasih atas kesedian dan sambutan hangat dari pihak Pemdes Tanjung Raja, kunjungan ini dalam rangka melihat secara langsung dan sekaligus belajar mengenai pengelolaan PLTS yang telah diterapkan untuk pengairan sawah warga di Desa Tanjung Raja,” kata Musa.

Lanjut Musa, pompa air bertenaga surya ini kedepannya akan segera diterapkan di Kabupaten Lamteng. Menurutnya, selain bisa menambah masa tanam padi, PLTS ini juga dapat meningkatkan hasil produksi padi.

“Kita yakin dengan menggunakan PLTS ini, kelak masyarakat Lamteng tidak lagi risau bertanam padi apabila memasuki musim kemarau. Sehingga kesejahteraan masyarakat khususnya para petani padi bisa meningkat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Raja Hisuliadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Lampung Tengah ke PLTS Desa Tanjung Raja.

“Suatu kebanggan bagi kami telah dikunjungi secara langsung, PLTS yang dikelola oleh Bumdes Tanjung Raja ini telah mampu mengairi puluhan hektar sawah petani padi di Desa Tanjung Raja. Kita tidak khawatir lagi akan pengaruh musim kemarau, karena air dari sungai setiap saat bisa dialirkan ke sawah-sawah warga melalui PLTS,” terang Hisuliadi.

Hisuliadi menambahkan, pihaknya tidak akan berhenti berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desanya.

Bahkan, lanjutnya, belum lama ini pihaknya menerima kunjungan Balitbangda Kota Prabumulih untuk melihat dan mempelajari pupuk bokhasi yang dihasilkan Bumdes Mandiri Jaya Desa Tanjung Raja.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memanfaatkan momentum baik ini didalam memajukan Desa. Jangan pernah ragu untuk membangun desa, terakhir saya pribadi mewakili seluruh masyarakat Desa Tanjung Taja mengucapkan ribuan terimakasih kepada PTBA yang telah memberikan bantuan atas terealisasinya program ini,” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, managemen CSR PTBA Tbk selaku pihak pemberi bantuan PLTS di Desa Tanjung Raja, serta dari Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam hal ini diwakili Sekertaris Dinas.

Penulis: kiki
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here