BPD Minta Tingkatkan Kesejahteraan, Ini Kata Juarsah

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah bersama Kadin PMD Emran Thabrani dan Ketua Forum PMD Kabupaten Muara Enim Zainuri. Kabarserasan.com/Kiki

Muara Enim, Kabarserasan.com — Plt Bupati Muara Enim H Juarsah menyambut baik aspirasi Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Muara Enim yang memnta agar kesejehateran mereka ditingkatkan.

Juarsah mengatakan, pada prinsipnya Pemkab akan segera merealisasikan apa yang diusulkan Forum BPD Kabupaten Muara Enim agar tingkat kesejahteraan BPD yang ada di Kabupaten Muara Enim meningkat.

“Untuk kenaikan tunjangan dan operasional BPD akan segera kita bahas dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas PMD,” kata Juarsah didampingi Kadin PMD Emran Thabrani, saat menerima Audiensi 22 orang perwakilan F BPD di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Pemkab Muara Enim, Selasa (17/11/2020).

Menurut Juarsah, untuk tunjangan tahun 2021 anggarannya sudah dinaikan sebesar 15 persen. Dan secara bertahap akan ditingkatkan lagi.

Selain itu, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) BPD Pemkab Muara Enim akan mengadakan Bimtek atau pembekalan.

” Saat ini, sekitar 80 persen BPD merupakan wajah baru. Sehingga perlu pembekalan. Kita berharap Pemerintah Desa dan BPD dapat saling mendukung dan menjadi mitra yang baik dalam membangun desa dan mewujudkan Muara Enim untuk Rakyat,” harapnya.

Sebelumnya, pada kesempatan itu Ketua F BPD Zainuri menyampaikan beberapa tuntutan.
Diantaranya kenaikan tunjangan BPD setara perangkat desa dan kenaikan dana operasional BPD.


22 Wakil dari Forum BPD Kabupaten Muara Enim. saat beraudiensi dengan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah.Kabarserasan.com/Kiki

“Kita berharap melalui silaturahmi dan audiensi dengan Plt Bupati Muara Enim keinginan dan harapan kami dari BPD se-Kabupaten Muara Enim bisa diakomodir seperti kenaikan tunjangan BPD setara perangkat desa dan kenaikan dana operasional BPD,” kata Zainuri.

Saat ini, terang Zainuri, tunjangan BPD untuk anggota hanya sebesar Rp750 ribu per bulan. Dibandingkan dengan perangkat desa sangat jauh, dimana honornya mencapai Rp2,5 juta per bulan.

” Padahal tugas dan fungsi BPD sangat vital dan merupakan mitra pemerintah desa dalam
mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera dan maju,” ujarnya.

Dia juga menyampiakan, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan audiensi dengan DPRD Muara Enim. ” Kita juga akan mengirimkan surat untuk beraudiensi dengan DPRD Muara Enim untuk bisa membantu memperjuangkan tuntutan kita,” pungkasnya.

Penulis: Kiki
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here