Lakukan Isolasi Mandiri, Keluarga Terpapar Covid 19 Dapat Bantuan Sembako

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH serahkan bansos secara simbolis kepada Ketua RT yang warganya ada lakukan isolasi mandiri. Kabarserasan.com/ki

Muara Enim, Kabarserasan.com — Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Amrulah Jamaludin menyerahkan bantuan sosial berupa paket sembako yang dikhususkan bagi 421 warga terpapar positif Covid-19 beserta keluarga yang dalam keadaan isolasi mandiri di Kabupaten Muara Enim.

Bantuan ini berasal dari alokasi Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Muara Enim 2020 ini, yang diterima secara simbolis oleh para ketua RT/RW Kelurahan Pasar 1 Kabupaten Muara Enim.

Acara yang berlangsung di Kantor Lurah Pasar I, Kecamatan Muara Enim, Senin (12/10/2020), dihadiri Dandim 0404 Muara Enim, Kapolres Muara Enim, Plt. Ketua DPRD dan seluruh ketua RT/RW Kelurahan Pasar 1 Kabupaten Muara Enim.

” Bantuan sembako ini bertujuan untuk meringankan beban warga yang terpapar dan harus menjalani masa karantina atau isolasi mandiri sehingga membuat ruang gerak produktivitas pemenuhan kebutuhan menjadi terbatas. Untuk itu melalui Keputusan Bupati Muara Enim Nomor 667/KPTS/Dinsos/2020, Pemkab. Muara Enim mengalokasikan bantuan berupa kebutuhan pokok,” kata Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH,┬áSenin (12/10/2020)

Adapun bantuan yang disalurkan terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak sayur, 1 kg gula, 1 kg tepung terigu dan 520 mililiter kecap manis. Ditambah pula paket alat pelindung diri (APD) dari Dinas Kesehatan, bantuan ini sebagai wujud kepedulian dan gotong royong semua pihak, antara pemerintah dan masyarakat.

Plt Bupati menegaskan, dalam menghadapi pandemi ini, Pemkab Muara Enim telah mengupayakan berbagai penanganan, baik pencegahan, penelusuran orang yang kontak erat, peningkatan kesembuhan, penurunan tingkat penularan dan menekan angka kematian.

” Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah mengalokasikan anggaran melalui APBD 2020 untuk pembiayaan penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan jaringan pengaman sosial masyarakat,” terang Juarsah.

Pada kesempatan iti dia menyampaikan, ekarang status Kabupaten Muara Enim sudah tidak lagi zona merah tetapi sudah lebih baik menjadi zona orange atau sudah menjadi status sedang.

“Alhamdulillah, status kita tak lagi merah, sudah menjadi status sedang, dan semaksimal mungkin kita akan berusaha untuk lebih focus dan disiplin diri mengajak masyarakat agar patuh terhadap prokes sehingga dapat menekan angka pasien positive covid 19,” tutupnya.

Sebelumnya pada awal September lalu, Pemkkab Muara Enim telah menyalurkan bantuan paket sembako bagi 7.780 kepala keluarga (KK) warga kurang mampu di 10 kelurahan.

Penulis: Franky Alhamd
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here