Kejari Muara Enim Pertanyakan Penggunaan Dana Covid 19 Muara Enim

Kajari Mernawati bersama Insan Media dalam acara coffee morning di Aula Kantor Kejari Muara Enim. Kabarserasan.com/kiki

Muara Enim, Kabarserasan.com — Penggunaan dana penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim sangat sulit diakses. Sehingga menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat, insan media hingga penegak hukum seperti Kejaksaan Negeri.

Hal ini diakui Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muara Enim Mernawati ketika menjawab
pertanyaan insan media saat acara Coffee Morning di Aula Kejari Muaraenim, Jumat (9/10/2020).

“Ya jujur saja, kita juga merasa penggunaan dana penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim kurang transaparan,” kata Mernawati.

Selain itu, penggunaan dana penanggulangan Covid-19 dinilainya kurang efektif. ” Misalnya digunakan untuk menyemprot jalan, itu tidak efektif,” ujarnya.

Ditegaskan Mernawati hingga kini pihaknya belum menerima adanya laporan terkait penggunaan dana tersebut.

Kasi Datun Kejari Muara Enim Belmento menambahkan, Kejari Muara Enim memang diminta Pemkab Muara Enim untuk melakukan pendampingan hukum untuk penggunaan dana penanggulangan Covid 19 dari 7 OPD.

Namun sebelum MoU dilakukan, pihaknya meminta Pemkab Muara Enim untuk melakukan
pemaparan terkait dana tersebut. Saat itu terungkap kalau ada OPD yang kegiatannya sudah dilakukan 100 persen, diantaranya Disdik dan Dinas PU.

“Kan lucu, kegiatan sudah 100 persen, lalu apa yang mau kami dampingi? Jadi kami tolak
pendampingan terhadap dua instansi tersebut,” kata Belmento.

Belmento juga menyebut pihaknya juga telah meminta progres penggunaan dana Covid-19 ini setiap minggu kepada Pemkab Muara Enim. Bahkan pihaknya pernah memberikan teguran karena laporan yang diminta tidak kunjung diberikan.

“Kami belum mendapatkan laporan tersebut sampai saat ini. Kami sudah menyurati Pemda, tapi kesannya memang kayaknya agak tertutup,” imbuhnya.

Untuk itu, Belmento meminta agar para jurnalis, LSM dan masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan dana covid-19 ini.

“Mari kita awasi bersama-sama, agar dana ini benar-benar tepat sasaran, tepat kualitas dan tepat kuantitas,” pungkasnya.

Sementara itu, juru bicara Satgas Gugus Tugas Covid 19 Muara Enim Panca Suya Diharta, ketika dimintai keterangan oleh  Kabarserasan.com melalui ponselnya belum bisa memberikan tanggapan. ” Datanya sedang dikumpulkan,” ujarnya singkat.

Penulis/Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here