Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas ini Ditutup

wakil walokota jambi Maulana. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Pemerintah Kota Jambi mengambil langkah cepat dengan memutuskan Puskesmas KONI yang berada di kawasan Jambi Timur, Kota Jambi ditutup sementara.

Bukan tanpa alasan, ini lantaran salah seorang tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Puskesmas KONI terkonfirmasi Covid-19.

Wakil Wali Kota Jambi Maulana kepada sejumlah media mengakui adanya kebijakan tersebut, keputusan menutup Puskesmas diambil untuk menjaga kemungkinan penyebaran Covid-19 yang lebih luas lagi.

Menurutnya, nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut terpapar usai memiliki riwayat perjalanan dari luar kota, yakni Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

“Tenaga kesehatan di Puskesmas KONI tersebut, baru saja melakukan perjalanan ke Kota Palembang melalui izin Dinas Kesehatan. Karena mertuanya meninggal dunia,” ungkapnya, Senin (21/9/2020).

Wakil Wali Kota menambah, pihaknya saat melakukan swab, ternyata terkonfirmasi yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Oleh karena itu, saya mengambil kebijakan dalam rangka menjaga keselamatan kita bersama, maka Puskesmas KONI untuk 3 hari kedepan dilakukan penutupan pelayanan kesehatan sementara,” jelas Maulana.

Namun, dia tidak menyebutkan inisial dan jenis kelamin tenaga kesehatan tersebut.

Tujuan dari penutupan sementara tersebut, ujarnya agar gugus tugas melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Puskesmas KONI dan sekitarnya.

Selain itu, sambungnya, untuk memberikan kesempatan kepada tim surveilance Dinas Kesehatan Kota Jambi melakukan tracking dan pemeriksaan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas KONI tersebut.

“Bagi masyarakat yang selama ini melakukan kontrol pelayanan kesehatan di Puskesmas KONI, terutama yang meminum obat secara rutin dan memiliki penyakit kronis lainnya, kami menganjurkan untuk melakukan perawatan di Puskesmas Pakuan Baru untuk sementara. Kami sudah berkordinasi dengan Puskesmas Pekanbaru. Silahkan bapak, ibu atau lainya agar berobat ke Puskesmas Pakuan Baru,” tandas Maulana.

Penulis: Azhari

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here