Nekat Merampok karena Pinjam Uang Tak Diberi

6 Pelaku perampokan di rumha H Ibrahim. Kabarserasan.com/amr

Jambi, Kabarserasan.com — Motif aksi perampokan yang terjadi rumah milik Ibrahim (50) warga Parit 11, Sungai Gebar, Kecamatan Kuala Betara, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi pada Jumat (11/9/2020) lalu mulai terungkap.

Dari hasil interogasi petugas terhadap 6 pelaku yang sudah diamankan pada Jumat lalu, perampokan tersebut bermotif lantaran seorang pelaku tidak diberikan uang pinjaman.

Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro kepada sejumlah media, mengatakan motif perampokan tersebut terjadi karena faktor peminjaman uang yang dilakukan tersangka Juned (35). yang saat ini masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh tim Reskrim.

“Ini karena Juned minjam uang berulang kali ga dikasih sama yang dirampok. Itu motifnya sementara,” ungkapnya, Selasa (15/9/2020).

Kapolres menambahkan, bahwa otak intelektual dalam hal ini, yakni Juned tersebut. Pelaku ini sudah berulang kali meminjam uang kepada korban.

“Juned ini terlilit utang di bank. Merasa sakit hati, utang tidak pernah diberi, akhirnya Juned berencana melakukan perampokan tersebut. Semuanya Juned, dia yang memetakan lokasi rumah korban,” tegas Guntur.

Dia juga mengungkapkan, bila Juned acap kali ke rumah korban. “Jadi, ia mengetahui dimana letak barang berharga milik korban disimpan. Saat ini, Juned masih dalam pengejaran petugas.”

Akibat perbuatan para pelaku tersebut, korban Ibrahim harus menjalani rawat jalan. Hal itu disebabkan karena mengalami luka yang serius disejumlah bagian tubuhnya.

“Ada 25 jahitan, 10 di kepala, 10 di lengan dan lima di tangan,” tukas Guntur.

Para tersangka yang sudah ditangkap sebanyak enam orang dan satu masih buron tersebut terancam dijerat dengan hukum maksimal 12 tahun penjara.

“Para tersangka dijerat pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan. Mereka masih ditahan di Polres Tanjungjabung Barat guna penyelidikan lebih lanjut,” tegas Guntur.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here