Usai Penen, Juarsah Ikuti Acara Melemang di Desa Karang Raja

lt Bupati Muara Enim H Juarsah, melaksanakan Panen Raya Padi IP 200 sawah tadah hujan di Desa Karang Raja, Sabtu (29/08/2020. Kabarserasan.com/ist

Muara Enim, Kabarserasan.com– Pemkab Muara Enim terus berupaya untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya tanaman padi.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah, melaksanakan Panen Raya Padi IP 200 sawah tadah hujan di Desa Karang Raja, Sabtu (29/08/2020.

Di ataran sawah tadah hujan seluas sekitar 25 hektar are, Juarsah ikut memanen dengan
menggunakan mesin panen modern.

” Dengan mesin panen, akan mempermudah para petani untuk memanen padi dengan luasan lahan yang besar,” kata Juarsah.

Lanjut Juarsah, dengan semakin banykanya jumlah panen padi yang dihasilkan Muara Enim, bukan tidak mungkin nantinya Kabupaten Muara Enim menjadi salah satu lumbung padi, paling tidak untuk Sumatera Selatan.

“Padi merupakan salah satu komuditi andalan Kabupaten Muara Enim, karena itu peningkatan produksi pertanian terus kita upayakan. Mulai dari kesiapan bibit, lahan yang teraliri cukup air serta upaya-upaya peningkatan hasil pertanian lainnya,” ujar Juarsah.

Melemang

Bakar Lemang. Kabarserasan.com/ist

Usai panen, Juarsah bersama rombongan mendatangi salah satu rumah tinggi puyang yang berada di Desa Karang Raja Dusun III untuk mengikuti acara melemang. Acara ini merupakan tradisi masyarakat Desa Karang Raja yang dillaksanakan setiap 10 Muharam.

Juarsah berharap tradisi baik ini yang merupakan kearifan lokal, warisan turun-temurun dari nenek moyang jangan sampai pudar. “Jadikan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, sekaligus sebagai media silaturahim kita dengan sesama, jiran tetangga, handai taulan dan sanak, keluarga,” ujarnya.

Meskip berbeda dari tahun lalu, dengan suasana sederhana dan serba terbatas ditengah masa pandemi wabah Covid-19, namun dirinya yakin tidak akan mengurangi makna dan nilai dari kegiatan melemang kali ini.

“Saya haturkan rterima kasih kepada seleruh warga Desa Karang Raja atas dedikasinya dalam melestarikan tradisi melemang ini, dan juga kerja kerasnya dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Semoga cita-cita Muara Enim Merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera dapat kita wujudkan bersama,” tutupnya.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here