PTBA Ikutkan Desa Danau Gerak Semende DU dalam Proklim Nasional

Gerbang desa Danau Gerak. Kabarserasan.com/ist

Muara Enim, Kabarserasan.com — PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus konsisten dalam
mengimplementasikan tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan dan pemangku kepentingan atau stakeholder lainnya.

Bentuk tanggung jawab perusahaan tambang yang tergabung dalam Holding BUMN Pertambangan (MIND ID) ini secara langsung dapat dirasakan masyarakar melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

PTBA yang selalu menerapkan prinsip environment, social, governance, dan management (ESGM) dalam menjalankan progamnya. Kemudian lahir program – program unggulan yang tidak hanya memupuk kemitraan dengan masyarakat sekitar, tapi juga membina lingkungan agar tetap lestari, diantaranya Program Kampung Iklim (Proklim).

Untuk menilai sejauh mana program pembinaan itu dijalankan CSR PTBA, Tim verifikasi Proklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal perubahan Iklim Pemerintahan Sumatera Selatan melakukan lawatan ke Desa-desa binaan CSR PTBA. Salah satunya Desa Danau Gerak Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim.

Kunjungan Tim verikasi Proklim dari DLH Sumsel ke Desa Danau Gerak SDU. Kabarserasan.com/ist

Desa inilah desa binaan CSR PTBA yang diikut sertakan dalam lomba Kampung Proklim tingkat Nasional tahun 2020. Kunjungan tim yang beranggotakan Heri Mulyono dari Balai Pencegahan Perubahan Iklim Kebakaran Hutan Lahan Wilayah Sumatera dan Yeni Marcia dari Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan Propinsi Sumatera Selatan dilakukan selama tiga hari, pada Selasa-Kamis/18-19-20 Agustus 2020

Menurut salah satu pendamping Tim dari DLH Muara Enim yang ikut serta dalam kunjungan tersebut, Khusnul Muassiroh, ST., M.Sc mengatakan, Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

” Progran Proklim ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca,” terang Khusnul Muassiroh.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan PTBA, Apollonius Andwie melalui Manajer Humas, Iko
Gusman menjelaskan, sebelumnya pada tahun 2018 PTBA telah meraih penghargaan desa binaan program kampung iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kategori proklim utama yang diraih oleh Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Pada tahun 2020 ini PTBA kembali melakukan upaya Desa Binaan Program Kampung Iklim untuk wilayah Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim.

“Dari 3 Desa dan 10 Kampung atau Dusun yang telah dibina CSR PTBA untuk menunjang proklim lestari, terpilihlah 6 Dusun yang diajukan dan layak untuk mengikuti penilaian Program Kampung Iklim kategori utama. Ke enam dusun tersebut terdiri 2 dusun asal Desa Danau Gerak, 3 dusun asal Desa Tanjung Agung dan 1 dusun asal Desa Tanjung Tiga. Adapun nara sumber lomba terdiri dari perangkat desa, Kades, Kadus dan Ibu ibu PKK perwakilan dari masing masing desa terpilih,” kata Iko Gusman, Kamis (20/08/2020)

Dijelaskannya, sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap binaan desa tersebut PT Bukit Asam Tbk telah memberikan bantuan bibit Sawit (Pucuk Merah) sebanyak 500 batang di masing masing desa yang telah diserahkan pada tanggal 5 Agustus 2020 lalu.

“Dengan membina Proklim ini, kami berharap bisa terus memberikan kontribusi dalam aksi
adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui Proklim. Selain itu kegiatan Proklim ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah masing – masing,” pungkasnya.

Hendri, selaku Kepala Desa Danau Gerak yang desanya dikunjungi tim verifikasi menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dari Tim Proklim DLH Sumsel di Desa Danau Gerak, khususnya dia kepada CSR PT Bukit Asam Tbk.

“Khusus kepada PTBA kami sangat berterima kasih telah membina desa kami sehingga masuk verifikasi kategori proklim utama. Kami berharap dari penilaian ini dapat terpilih sebagai Proklim Utama Tingkat Nasional Tahun 2020,” harapnya.

Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here