Audiensi dengan Plt Bupati, Ini Harapan Notaris dan PPAT Muara Enim

Audiensi dengan Ikatan Notaris Indonesia Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pengurus Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Kabupaten Muara Enim dengan Plt Bupati H Juarsah., Selasa (4/8/2020). Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim, H. Juarsah berharap terjadi sinergi yang baik PPAT dengan Pemkab Muara Enim khususnya terkait peningkatan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

” Dengan bersinergi terkait BPHTB ini, diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim,” kata Juarsah saat menerima audiensi dengan Ikatan Notaris Indonesia Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pengurus Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Kabupaten Muara Enim, Selasa (4/8/2020).

Dalam audiensi yang berlansung di Ruang Rapat Bupati Muara Enim tersebut para Notaris dan PPAT memberikan saran dan masukan kepada Plt Bupati terkait kondisi dilapangan dalam hal pelepasan hak atas tanah maupun pajak.

“Atas nama Pemkab Muara Enim, saya mengucapkan terima kasih atas saran dan masukannya. Semoga kedepan sinergitas antara Pemkab Muara Enim dengan para notaris dan PPAT semakin baik,” harap Plt. Bupati.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Sumsel, Akhmad Wasil
menyambut baik keinginan Plt Bupati. ” Terima kasih telah diterima Plt. Bupati untuk bisa sedikit berdiskusi dan bertukar pikiran,”kata Wasil.

Pada kesempatan itu Wasil juga menyampaikan, pihaknya telah beraudiensi dengan Gubernur Sumsel, H. Herman Deru.

” Tindak lanjut dalam audiensi dengan Gubernur ada beberapa hal ditujukan kepada kepala daerah seperti dasar penetapan BPHTB agar tidak terjadi miskomunikasi dalam nilai jual,” ujarnya.

Notaris Suhardi (Bodong) menambahkan agar Pemkab Muara Enim memberika insentif terkait upah pungut untuk notaris dari hasil BPHTB.

” Di beberapa daerah sudah memberlakukan hal tersebut,” ucapnya.

Hadir dalam audiensi itu antara lain, Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Sumsel, Akhmad Wasil, Kadin Bependa Muara Enim Rinaldo, Sekdin PMD Muara Enim Rahmad Noviar, Bappeda Muara Enim, serta Penjabat Pembuat Akta Tanah Kabupaten Muara Enim yakni, Suhardi (Bodong), Desi Puspa Asni, Affuroh, Nora Melyensi, Laluk B dan Bambang Hermanto.

Penulis/Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here