Wujudkan Muara Enim Layak Anak, Plt Bupati Kukuhkan Forum Anak Serasan Sekundang

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Muara Enim H Helman berfoto bersama anggota Forum Anak Serasan Sekundang. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Forum Anak merupakan wadah partisipasi anak, dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak, kelompok kegiatan anak atau perseorangan, di kelola anak dan dibina oleh pemerintah.

Forum Anak ini juga sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Hal ini disampaikan oleh Plt Bupati Muara Enim H Juarsah saat mengukuhkan Forum Anak Serasan Sekundang periode 2020 – 2022 di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Kantor Bappeda Muara Enim, Kamis, (23/07/2020).

Penyelenggaraan Forum Anak juga sebagai bentuk kepedulian dan komitmen Pemkab Muara Enim mewujudkan Kabupaten Muara Enim layak anak. Pengukuhan Forum Anak Serasan Sekundang bertepatan dengan Hari Anak Nasional ke-36.

” Kami berharap melalui Forum Anak Serasan Sekundang yang terdiri dari perwakilan kelompok anak se Kabupaten Muara Enim dapat menampung aspirasi, suara dan keinginan anak sehingga mampu mengembangkan bakatnya dalam mendukung proses pembangunan di Kabupaten serta mewujudkan Muara Enim Muara Enim untuk Rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera,” kata H Juarsah.

Lanjut Juarsah, berbeda dengan peringatan Hari Anak sebelumnya, peringatan tahun ini
menghadapi tantangan karena adanya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pembacaan deklrasi forum anak serasan sekundang. Kabarserasan.com/amr

“Pandemi Covid-19 ini berimplikasi pada masyarakat, terutama anak anak yang mengalami
berbagai persoalan. Misalnya pengasuhan anak yang orang tuanya positig Covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar selama pandemi sebagai akibat diterapkannya aturan jaga jarak maupun belajar dirumah,” ujar Juarsah.

Berkaitan dengan itu, tema Hari Anak Nasional tahun 2020 adalah” Anak terlindungi Indonesia maju, dengan tagline Anak Indonesia Gembira di rumah”.

” Peringatan Hari Anak Nasional di masa pendemi Covid-19 ini adalah momentum untuk
meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan dan perlindungan khusus anak,” harap Juarsah.

Sementara itu H Helman, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Muara Enim mengatakan, pengukuhan Forum Anak ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Kabupaten Muara Enim layak anak.

“Kita mengajak semua pihak, untuk membangun daerah bersama guna memastikan kebutuhan layak anak. Dan semua pihak berperan aktif,” harap Helman.

Dijelaskannya, Forum anak ini nantinya diharapkan akan ada di setiap desa. ” Untuk Forum Anak Serasan Sekundang ini akan kita bentuk di kecamatan, desa hingga dusun,” ujarnya.

Forum Anak ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas anak sehingga bisa menularkan ke anak lain kegiatan yang bisa meenuhi kegiatan di tingkat anak.

Adapun anggota forum anak Serasan Sekundang berjumlah 31 orang yang berasal dari pelajar dari sekolah di wilayah Muara Enim dengan usia 12-18 tahun.. (amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here