Muara Enim Jadi Ibu Kota Sumsel Barat, H Juarsah: Itu Hanya Guyonan

Bupati Muara Enim H. Juarsah. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah mengklarifikasi terkait dukungan Pemkab Muara Enim atas rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Sumatera Selatan Barat (SumselBar).

Menurut Juarsah, secara legal formal Muara Enim belum mendukung Sumselbar. ” Terkait
pemekaran Sumsel Barat, saya jelaskan bahwa kemarin (Senin, red) kita kedatangan tamu tim presidium persiapan pembentukan Provinsi Sumsel Barat. Secara umum menurut undang-undang MD3 kita sepakat dan setuju. Namun secara prosedur, secara legal formal kita belum mendukung,” ujar Juarsah didampingi Plt Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki, usai menghadiri rapat paripurna penyampaian jawaban bupati, di Gedung DPRD Kabupaten Muara Enim, Selasa (21/07/2020).

Ditegaskan Juarsah, Muara Enim tidak ada masalah dengan Provinsi Sumatera Selatan. ” Dukungan Gubernur Herman Deru untuk Kabupaten Muara Enim sangat luar biasa. Baik pembangunan, ekonomi, infrastruktur, beliau sangat apresiasi sekali dan mendukung penuh terhadap pembangunan di Kabupaten Muara Enim,” kata dia.

“Artinya, terkait dukungan pemekaran Provinsi Sumsel Barat itu, bukan berarti Kabupaten Muara Enim mau memisahkan diri dari Sumatera Selatan atau dalam bentuk ketidak puasan dengan gubernur dan pemerintah provinsi. Tidak ada alasan Muara Enim untuk memisahkan diri dari Sumsel,” tambah Juarsah.

Ketika ditanya soal pernyataannya yang menginginkan Muara Enim menjadi Ibu Kota Provinsi Sumsel Barat, Juarsah berkilah itu hanya guyonan saja.

” Itu saya sampaikan diluar acara rapat dengan Presidium Persiapan Pembentukan Provinsi Sumsel Barat dan sifatnya hanya guyonan saja,” ujar Juarsah.

“Bahwa kita kemarin menyampaikan secara umum saja, sambil bergurau. Jadi sekali lagi Apalagi pembangunan Kabupaten Muara Enim sangat didukung Gubernur Sumsel Herman Deru, termasuk keinginan kita membangun jalan penghubung Muara Enim-Kaur dan pak gubernur sangat mendukung kegiatan ini,” jelasnya.

Sebalumnya, dalam rapat dengan Presidium Persiapan Pembentukan Provinsi Sumsel Barat yang di Ketuai Drs. H. Djazuli Kuris, MM di ruang rapat Bupati Muara Enim, Senin (20/07), Plt Bupati menyatakan dukungannya terhadap DOB ini.

‘Selagi pemekaran ini diperuntukkan bagi kesejahteraan rakyat dan pemerataan pembangunan serta teruji berdasarkan kajian mendalam, tentu akan kita dukung,” ucapnya. (Amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here