TNI AL dan Polisi Razia Kapal Asing Masuk Perairan Tanjab Barat

Polres Tanjabr dan TNi lakukan pemeriksaan terhadao ABK. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Kepolisian Resort Tanjungabung Barat (Polres Tanjabar) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melakukan razia terhadap kapal asing yang masuk kawasan perairan Tanjabar dan perairan Laut Timur Sumatera.

Ini digelar untuk mencegah penularan Covid-19 bagi masyarakat Kabupaten Tanjab Barat dari orang luar yang masuk wilayahnya.

Menurut Kapolres Tanjungjabung Barat AKBP Guntur Saputro, pihaknya melakukan razia tersebut untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Tanjabar.

Bahkan, satu persatu pihaknya juga melakukan pengecekan kesehatan terhadap anak buah kapal (ABK) dan nahkoda.

“Petugas kita memeriksa dan memastikan bahwa semua kru kapal selalu menggunakan masker dan tetap menjaga protokol kesehatan selama melakukan pelayaran,” katanya saat dihubungi Senin (22/6/2020).

Dia menambahkan, bahwa pada masa New Normal saat ini perairan laut Kabupaten Tanjungjabung Barat, terlihat sudah mulai ramai oleh arus lalu lintas kapal antar pulau hingga ke manca negara.

Saat ini saja, kata Kapolres, ada sejumlah kapal yang bersandar di kawasan perairan Timur Sumatera. Sehingga hal itu perlu untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Karena kapal ini digunakan sampai kegiatan di luar negeri, dimana tempat wilayah pandemi Corona yang berpotensi rawan terpapar Covid-19. Kita berharap kepada kapten dan krunya mengikuti protokol kesehataan,” harap Guntur.

Sementara, Danposal Lettu Laut Beni Asmono mengatakan patroli dan razia tersebut dilakukan bukan merupakan kali pertama. Bahkan, hal ini akan menjadi rutinitas terus menerus terutama dimasa pandemi Covid-19.

“Sebelumnya kita pernah melakukan dengan memberikan imbauan kepada para awak kapal untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Meskipun saat ini sudah diterapkan relaksasi atau new normal, imbuhnya, hal itu dilakukan sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Azi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here