Daun Sungkai Diteliti sebagai Obati Covid-19

Gubernur Jambi Fachrori Umar. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com – Gubernur Jambi Fachrori Umar, menginstruksikan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi untuk meneliti khasiat Daun Sungkai yang ada di Jambi untuk mengobati Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ini setelah ada pernyataan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Monardo dalam rapat perkembangan penanganan Covid-19 Kepala BNPB dengan para gubernur se Indonesia, yang dilakukan melalui konferensi video pada Rabu (22/4/2020) lalu.

Selanjutnya Gubernur meminta, dalam penelitian manfaat daun sungkai untuk mengobati Covid-19 tersebut, Dinas Kehutanan berkoordinasi dengan BPOM, Labkesda, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, guna mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.

“Saya berharap agar hasil penelitian khasiat daun sungkai bisa diketahui dalam waktu yang tidak begitu lama,” ujar Fachrori saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Dia juga berharap agar kandungan yang terdapat dalam daun sungkai bisa mengobati Covid-19, untuk mengobati pasien Covid-19, yang selanjutnya bisa bermanfaat membantu mengatasi pendemi saat ini.

Sebelumnya, Doni Monardo menyatakan mendapatkan informasi bahwa daun sungkai memiliki khasiat yang bisa membunuh Virus Corona. Maka, Kepala BNPB minta tolong kepada Gubernur Jambi untuk mengadakan penelitian tehadap manfaat daun sungkai.

”Tanaman ini menurut informasi banyak tumbuh di Provinsi Jambi. Apa hasilnya, tolong sampaikan ke kami secepatnya. Terimakasih Pak Gubernur, ujar Doni Monardo waktu itu.

Terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah menambahkan, jika daun sungkai terbukti bisa mengobati Covid-19, hasilnya segera dipublikasikan.

Dikutip dari mhomecare.co.id, Sungkai (Peronema canescens) sudah banyak digunakan sebagai obat saat anak-anak demam dan sakit kepala serta sakit gigi, asma, bahkan penyakit kulit seperti panu. Melihat kebiasaan masyarakat pribumi Kalimantan yang sering menggunakan daun sungkai sebagai obat, akhirnya para ilmuan melakukan penelitian dan menemukan bahwa daun muda sungkai tersebut memilik kandungan atau potensi (Antipiretik) obat yang sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu badan dan sakit kepala. (Azhari )

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here