Pencari Kerja Muara Enim Harus Berdaya Saing

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah menyematkan tanda secara simbolis pada peserta Pelatihan dan Pendidikan Ketrampilan angkatan pertama tahun 2020 di BLK Disnaker Muara Enim, Selasa (18/02/2020). Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Urusan Ketenagakerjaan adalah urusan yang bersifat wajib bagi pemerintah Kabupaten Muara Enim. Hal ini disampaikan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah saat membuka Pelatihan dan Pendidikan Ketrampilan angkatan pertama tahun 2020 di BLK Disnaker Muara Enim, Selasa (18/02/2020).

Juarsah menegaskan, seiring dengan visi misi Bupati/Wakil Bupati Muara Enim untuk menciptakan 1000 pemuda desa berwirausaha dan mengutamakan tenaga kerja lokal yang siap pakai, maka pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di dalam Kabupaten Muara Enim merupakan hal penting untuk dilakukan.

Menurut Juarsah, tingginya tingkat pengangguran atau pencari kerja yang terus bertambah setiap tahunnya seiring tingginya tingkat kelulusan baik sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

” Di sisi lain, terbatasnya lowongan pekerjaan dan permintaan pasar kerja yang menginginkan tenaga kerja yang berkompeten, daya serap tenaga kerja lokal semakin kecil untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Kondisi ini menuntut pemerintah dalam hal ini dinas Ketenagakerjaan untuk berpikir kreatif menciptakan program program baik berbasis kompetensi berbasis perekonomian atau program lain yang dapat menekan angka pengangguran,” kata Juarsah.

Kepada para peserta pelatihan Juarsah berpesan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. “Setelah kalian mendapat keahlian dipelatihan ini, kalian juga bisa melaksanakan pelatihan pelatihan di daerah kalian masing-masing,” harapnya.

Sementara Kadisnaker Muara Enim Hj Herawati menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim tahun berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Muara Enim nomor 22 Tahun 2020.

Herawati menjelaskan, anggaran kegiatan ini bersumber pada APBD Kabupaten Muara Enim tahun 2020. ” Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan bagi pencari kerja yang berbasis masyarakat sehingga menjadi pencari kerja yang berkompeten dan handal dengan memberdayakan potensi sumber daya lokal yang ada sehingga diharapkan peserta dapat menambah keahlian dan kemampuan sehingga menjadi pencari kerja yang profesional unggul dan memiliki daya saing.,” jelasnya.

Ada tiga jenis kegiatan kegiatan yang dibuka pada hari ini sebanyak 4 paket pelatihan dengan 4 kejuruan, yaitu satu teknisi komputer sebanyak 16 orang 2 kejuruan aneka kreatif sablon sebanyak 16 orang 3 kejuruaan cukur rambut pria sebanyak 16 orang dan 4 kejuruan tata kecantikan sebanyak 16 orang.

“Kegiatan dilaksanakan mulai dilaksanakan mulai kemarin (17/02/2020) dan akan berakhir pada 13 Maret 2020 atau selama 45 hari,” paparnya.

Adapun tempat pelaksanaan pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja ini bertempat di UPTD BLK dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim .

“Akomodasi dan transportasi peserta pelatihan difasilitasi penginapan di asrama BLK dengan tiga kali makan dan snack serta diberikan uang saku,” pungkasnya. (amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here