Tagana Muara Enim Miliki Kecakapan Bantu Masyarakat yang Terkena Bencana

Tagana Muara Enim membantu masyarkat yang terkena bencana banjir. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Ditengah cuaca yang ekstrem saat ini, Tim TAGANA (Taruna Tanggap Bencana) Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim secara khusus menyiapkan posko pelayanan terhadap bencana banjir yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Kepala Dinas Sosial Muara Enim Drs Bhakti MSi mengatakan, peran dinas sosial berkaitan dengan perlindungan sosial bagi masyarakat yang terkena bencana alam.

“Untuk bencana banjir  sudah ada petugas kita yang stand by untuk membantu jika secara tiba-tiba terjadi bencana banjir di Muara Enim. Mereka siap membantu baik pada saat pada saat bencana maupun pada pasca bencana itu sendiri,” kata Bhakti kepada Kabarserasan.com saat disambangi di ruang kerjanya, Jumat 14/02/2020.

Bhakti menjelaskan, Dinsos Muara Enim sudah menyiapkan logistik bantuan bagi masyarakat yang terkena bencana banjir di Kabupaten Muara Enim. “Kita sudah siapkan seperti dapur umum, kemudian tenda-tenda darurat, baju pelampung dan lain-lain,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Muara Enim Drs Bhakti MSi. Kabarserasan.com/amr

Terkait opersional tim Tagana Muara Enim sudah punya SOP (Standard Operating Procedur) jika terjadi bencana. “Bahkan seandainya masyarakat yang terkena bencana banjir tersebut terisolasi dan mereka membutuhkan bahan makan minum kita sudah siapkan,”jelasnya.

Menurut Bhakti, anggota Tagana Dinsos Muara Enim kecakapan yang mumpuni untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.

“Setiap tahun mereka kita didik, bahkan sudah ada yang sudah masuk ke tingkat Madya yang langsung dilatih oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia,” tuturnya.

Bhakti berharap, masyarakat harus tetap waspada mengantisipasi terjadi bencana. “Paling tidak jangan sampai bencana yang terjadi karena ulah kita sendiri. Misalnya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian bergotong-royong membersihkan selokan membersihkan tempat-tempat yang memang akan menyebabkan terjadinya banjir. Jika terjadi bencana, kami harap untuk sesegera mungkin melaporkan kepada aparat yang berkepentingan,” tutupnya. (amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here