Juarsah: Ganti Rugi Lahan Jangan Rugikan Masyarakat

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH pimpin rapat persiapan lahan untuk jalan tol Indralaya-Muara Enim. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH mengajak masyarakat Muara Enim untuk mendukung pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Tahap II.

Hal ini disampaikan Juarsah saat memimpin rapat persiapan pengadaan tanah untuk proyek strategis nasional yang berlangsung di Ruang Rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (20/1/2020) sekitar pukul 14.30 wib.

Juarsah berharap, pembangunan jalan tol tersebut dapat dikerjakan tepat waktu, sehingga dapat segera dinikmati masyarakat.

“Pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,”kata Juarsah

Juarsah menjelaskan, sebelum dilakukan pembangunan jalan Tol, tentunya dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu.

“Ganti rugi lahan pembangunan jalan Tol Indralaya-Muara Enim saya harap tidak mengecewakan masyarakat, artinya pemilik lahan tidak dirugikan sehingga tidak terjadi masalah dikemudian hari,”ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Rasiman mengatakan, ruas jalan Pembangunan jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Tahap II berada di wilayah adminstrasi Provinsi Sumsel, yakni Kabupaten OI, Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Prabumulih.

Untuk Kabupaten Muara Enim, Pengadaan tanah untuk Pembangunan jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Tahap 2 ini, terletak di Kecamatan Belida Darat, Rambang dan Kelekar.

Dari total 126 KM, sepanjang 74,5 km berada di Kabupaten Muara Enim. Sisanya berada di wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan Kotif Prabumulih.

Untuk Kecamatan Belida Darat desa yang dilalui yakni, Desa Gaung Asam, Desa Ibul, dan Desa Tanjung Tiga, sedangkan untuk Kecamatan Rambang yakni, Desa Baru Rambang, Desa Sukarame, Desa Tanjung Dalam, Desa Tanjung Raya dan Desa Sugih Waras. Sedangkan Kecamatan Kelekar yakni desa Suban Baru.

Pihaknya juga akan mendampingi dan melakukan pembayaran ganti rugi lahan kepada masyarakat untuk pembangunan jalan Tol Simpang Indralya-Muara Enim.

“Tujuan rencana Pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat wilayah Sumsel. Dan merupakan bagian rencana pembangunan jalan tol Trans Sumatera Proyek Strategis Nasional.

Dalam rapat tersebut, selain Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, hadir juga, Sekda Muara Enim Ir H Hasanuddin MSi, Asisten, Kepala OPD, Camat Belide Darat, Camat Rambang dan para kades di dua kecamatan tersebut. (amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here