Kunjung Muara Enim, Ini Harapan Bupati Tapanuli Selatan

Ulos dari Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu untuk Plt Bupati Muara Enim H Juarsah. Kabarserasan.com/ys

Muara Enim, Kabarserasan.com — Pemkab Tapsel Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Muara Enim, Senin (13/01/2020).

Kunjungan ini dalam rangka lesson study mengenai program smart city dan pengolahan hasil perkebunan di tanah dataran tinggi yang menjadi komoditi unggulan di Kabupaten Muara Enim, yakni kopi Semende.

Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul Pasaribu, Sekda Tapsel Parulian Nasution beserta rombongan diterima langsung oleh PltĀ  Bupati Muara Enim H Juarsa di ruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim.

Pada kesempatan itu PLT Bupati didampingi oleh sekda Muara Enim Hasanudin dan kepala OPD dilingkup Kabupaten Muara Enim.

“Selamat datang Bupati Tapsel beserta rombongan. Kami warga Muara Enim merasa bangga dan senang mendapat kunjungan Pemkab Tapsel ini. Semoga hubungan antara kedua Pemkab akan menjadi semakin baik,” kata Juarsah, Senin (13/01/2020).

Juarsah mengatakan, Muara Enim dan Tapsel secara geografis memiliki kesamaan, sama-sama memiliki dataran tinggi dan memiliki komoditi unggulan, yakni kopi. Tapsel dikenal dengan kopi Sipirok dan Muara Enim dengan kopi Semende.

Juarsah berharap, kunjungan Bupati Tapsel menjadi titik awal bertukar informasi dan kerjasama antar kedua Pemkab.

“Smart City dan komuditas kopi bisa menjadi langkah awal untuk kerjasama antar Pemkab Muara Enim dan Tapsel,” ujarnya.

Sementara Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari Pemkab Muara Enim.

“Kerjasama ini menjadi suatu kolaborasi yang berimbang bagi kedua Kabupaten,” ucap Syahrul.

Menurut dia, banyak yang bisa mereka pelajari dari Kabupaten Muara Enim seperti program smart city yang dikemas menjadi Smart Regency dalam pengaplikasian menjadi suatu aplikasi bernama MANCE.

“Tapsel juga punya aplikasi yang serupa (dengan mance). Tetapi untuk Kabupaten Muara Enim saya apresiasi karena pengolahan smart city bisa menjangkau semua kalangan. Apalagi sekarang, saya dengar sudah sampai ke pelosok desa,” tuturnya.

Selain itu Syahrul juga mengaku tertarik untuk mempelajari cara Pemkab Muara Enim mempolerkan kopi Semende.

“Ya, kami perlu belajar bagaimana Muara Enim memasarkan kopi Semende hingga melakukan kerjasama dengan perusahaan kopi yang berskala internasional,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Muara Enim dan Bupati Tangsel melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama tentang kerjasama Pembangunan Daerah. (amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here