Kembangkan Pariwisata Pemkab Muara Enim Gelar Workshop Replikasi Desa Wisata

workshop replikasi desa wisata kegiatan difusi inovasi dan penerapanan teknologi yang diselanggarakan Balitbangda Kabuapten Muara Enim. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang secara terus menenerus diupayakan pengembangannya agar dapat didayagunakan sebagai salah satu sektor andalan dalam kegiatan perekonomian di Kabupaten Muara Enim.

Terkait dengan itu, Pemkab Muara Enim menggelar workshop replikasi desa wisata kegiatan difusi inovasi dan penerapanan teknologi yang diselanggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Muara Enim di aula utama kantor Bappeda Muara Enim, Rabu (4/12/2019).

“Pengembangan pariwisata adalah salah satu prioritas dalam perencanaan pembangungan daerah Kabupaten Muara Enim. Sektor pariwisata bagi Muara Enim memiliki peran penting dimasa depan dalam pembangunan ekonomi daerah di Kabupaten Muara Enim,” kata Tarimizi, Kepala Balitbangda Kabupaten Muara Enim.

Menurut Tarmizi, berkembangnya kegiatan pariwisata di suatu daerah akan memberikan
pengaruh dan dorongan bagi sektor lainnya.

“Misalnya, dalam hal memperluas lapangan kerja dan peluang usaha ekonomi kerakyatan,”
jelasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan pemkab Muara Enim adalah menggelar kegiatan workshop replikasi desa wisata ini.

” Kita bisa mereplikasi desa-desa wisata yang telah berhasil untuk diterapkan di desa-desa yang ada di Kabupaten Muara Enim, “harap Tarmizi.

Tarmizi berharap 70 peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dan mampu menjadi perpanjangan tangan untuk mendampingi desa dalam mengembangkan desa wisata di kecamatan masing-masing.

Dalam kegiatan ini, penyelenggarakan menghadirkan narasumber yang kompeten dalam bidang ini. Mereka adalah Sugeng Handoko ST dari Pokdarwis Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul DI Yogyakarta, Istianto Ari Wibowo SE dari Pusat Study Ekonomi Kerakyatan UGM, dan Desloehal Djumrianti SE MIS Ph.D dari Poltek Unsri Palembang. (Amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here