Sekda Hasanudin: Untuk Maju Pelaku UMKM Harus Kerja Keras

Sekda Muara Enim H Hasanudin, didampingi Kepala UPTD Balai Latihan Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel Wawan Kurniawan dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim Surdin secara simbolis menyematkan tanda pada peserta "Pelatihan ketrampilan teknis pengolah buah tomat" Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Di era milenial ini, Koperasi dan UKM mau tidak mau suka tidak suka harus mampu bersaing dengan pelaku pelaku lainnya. Sejalan itu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan Koperasi dan UKM yang ada di Sumsel, salah satunya dengan mengadakan pelatihan-pelatihan.

Kepala UPTD Balai Latihan Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel Wawan Kurniawan SE M.Si mengungkapkan, UMKM yang ada di Sumatera Selatan ini tercatat kurang lebih 2,1 juta, namun yang berjalan hanya sekitar 160 rbu. Dan 160 ribu tersebut hanya 30 persen yang mempunyai visi bisnis dan jiwa wirausaha yang baik.

“Ciri dari wirausaha yang berjalan baik salah satunya adalah dia terus akan menambah tenaga kerja ataupun menambah cabang,” kata Wawan dalam sambutannya pada kegiatan “Pelatihan ketrampilan teknis pengolah buah tomat” di Hotel Griya Serasan Kota Muara Enim, Kamis (28/11/2019).

Wawan mengungkapkan, saat ini yang penting adalah bagaimana upaya memanfaatkan potensi daerah karena disinyalir Koperasi dan UKM tingkat ketergantungannya sangat tinggi sekali dengan pihak lain.
Semisal untuk kerajinan songket, bahan baku masihnya masih harus didatangkan dari luar negeri (impor).

“Kendala-kendala lain misalnya bahan baku tertentu masih dipegang oleh satu atau dua orang distributor, sehingga menyulitkan pelaku UMKM untuk berproduksi,”jelasnya.

Sedangkan tomat, merupakan potensi lokal yang banyak di tanam petani di Kabupaten Muara Enim, utamanya di tiga kecamatan di Semende.

Sementara Plt Bupati Muara Enim H Juarsah yang diwakili Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin MSi menyatakan menyambut baik pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumsel ini.

“Saya atas nama Pemkab Muara Enim mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesempatan yang diberikan kepada pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk menjadi penyelenggara kegiatan pelatihan ketrampilan teknis pengolahan buah tomat ini,” ucap Hasanudin.

Sekda juga berharap, sinergitas antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dapat meningkatkan sumber daya manusia khususnya pelaku UMKM.

“Pak Wawan, Muara Enim menargetkan 10.000 pengusaha muda selama periode kepemimpinan Bupati yang sekarang ini. Artinya, Muara Enim setiap tahun harus menciptakan 2000 orang enterperneur muda diseluruh sektor,”ungkap Sekda.

Untuk itu, lanjut Sekda, Pemkab Muara Enim memang harus bekerja keras, agar UMKM dapat tumbuh dan berkembang sehingga mampu berperan di dalam pembangunan perekonomian.

“Dengan pelatihan ketrampilan teknis pengolahan buah tomat ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah, sehingga saat panen besar harga tomat tetap stabil dan petani tidak lagi merugi.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di Hotel Griya Serasan dari tanggal 28 sampai 30 November 2019. Adapun jumlah peserta 40 orang dari Kecamatan Semende DU, Semende DT, Semende DL, Gelumbang dan beberapa kecamatan lainnya. Sedangkan dana kegiatan berasal dari DAK (dana alokasi khusus) Dinas Koperasi Sumsel.

Sekda Muara Enim H Hasanudin, didampingi Kepala UPTD Balai Latihan Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel Wawan Kurniawan dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim Surdin secara simbolis menyematkan tanda pada peserta “Pelatihan ketrampilan teknis pengolah buah tomat”

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here