Muara Enim Kabupaten Penataan Ruang Terbaik se-Sumatera Selatan

Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya menyerahkan piagam penghargaa Penataan Ruang Terbaik Sumsel kepada Plt Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH. Foto Humpro Muara Enim

Palembang, Kabarserasan.com — Pemkab Muara Enim menerima penghargaan sebagai daerah dengan penataan ruang terbaik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya kepada Plt Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH pada Rapat Koordinasi Penataan Ruang Daerah Provinsi Sumsel, Selasa (26/11/2019) di Hotel Novotel, Palembang.

Pemprov Sumsel melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Provinsi Sumsel menilai Kabupaten Muara Enim merupakan daerah terdepan dan pelopor dalam penataan ruang dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel.
.
Kepala Dinas PUBMTR Sumsel Kepala Dinas PUBM Sumsel Darma Budi menjelaskan kriteria penilaian meliputi unsur perencanaan dan kelembagaan.

“Secara perencanaan, Kabupaten Muara Enim menjadi daerah pertama yang menyelesaikan revisi tata ruang wilayah (RTRW) 2018-2038 dan telah pula disahkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Muara Enim Nomor 13 Tahun 2018,” jelas Darma Budi.

“Saat ini-pun Kabupaten Muara Enim sedang melakukan tahapan penyusunan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) 2019-2038. Gerak cepat dan aksi nyata inilah yang menjadi keunggulan Kabupaten Muara Enim dibanding kabupaten/kota lainnya di Sumsel,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahyanmengapresiasi dan memberikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim atas pencapaian yang diraih sekaligus menghimbau pemerintah daerah lain untuk melengkapi dokumen tata ruangnya.
.
“Secara kelembagaan Kabupaten Muara Enim sangat baik dengan telah terbentuknya Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) yang tidak semua daerah memilikinya,” ujar Wagub.

Keaktifan, inisiasi dan koordinasi Kabupaten Muara Enim dengan Dinas PUBMTR menjadi nilai tambah pula sehingga memungkinkan Kabupaten Muara Enim menduduki peringkat pertama dalam penghargaan penataan ruang daerah ini. (amr)
.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here