Bea Cukai Jambi Amankan Ratusan Botol Miras dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Jambi gagalkan penyeludupan Miras Ilegal. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Jambi berhasil mengamankan peredaran minuman mengandung etil alkohol (MMEA) dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) ilegal yang terdapat di salah satu rumah dan toko (ruko) di Kota Jambi.

Menurut Kepala Kantor Bea dan Cukai Provinsi Jambi Ardiyanto melalui Kepala Seksi P2, Bea Cukai Jambi, Heri Sustanto, penangkapan tersebut berdasarkan informasi masyarakat pada akhir pekan lalu.

Selanjutnya, tim P2 Jambi melakukan penelusuran terkait adanya tempat penyimpanan MMEA golongan B dan C yang tidak memiliki izin NPPBKC (Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai) di Kota Jambi.

Usai mendapati ciri-ciri tempat yang telah diinformasikan, kemudian tim P2 Jambi berkoordinasi dengan Polda Jambi untuk melakukan penyelidikkan dan pendalaman terhadap ruko tersebut.

Benar saja, dari hasil pendalaman didapati bahwa ada tempat di Jalan Lingkar Selatan, Kota Jambi yang dijadikan tempat penyimpanan MMEA golongan B dan golongan C.

Tidak menunggu lama, tim gabungan meluncur dan langsung melakukan penggerebekkan. “Saat melakukan penggrebekan, kita amankan tiga orang masing-masing berinisial A, I dan J,” ungkap Ardiyanto, Senin (4/11/2019).

Selanjutnya, dari hasil pemeriksaan barang bukti, jumlah total 2.748 botol MMEA Golongan B dan Golongan C berbagai merek serta 54.800 batang HPTL merek Iquos Heets yang tidak dilekati pita cukai.

“Setelah dihitung petugas, total nilai barang hasil penindakan tersebut ditaksir mencapai Rp835.543.000,- dengan total potensi kerugian negara mencapai Rp424.000.000,” tegasnya lagi.

Saat ini, untuk penyelid lebih lanjut, barang bukti dan 3 orang terduga tersebut masih diamankan ke Kantor Bea Cukai Jambi.

Dari penindakan tersebut, kata Ardiyanto, diduga terjadi pelanggaran Pasal 54 dan/atau Pasal 56 UU. No. 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 1995 tentang cukai.

Azhari

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here