Dorong Perekonomian Warga, PTBA Salurkan Bantuan di Sumbar

Dirut PTBA Arviyan Arifin saat penandatangan berita acara bantuan

Sawahlunto, Kabarserasan.com—Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, PT Bukit Asam Tbk menyampaikan bantuan ke beberapa daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Senin (08/07/2019).

Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin menyerahkan bantuan berupa pompa air tenaga surya untuk irigasi di Desa Talawi, Sawahlunto, pembangunan jembatan Lintau Buo di Kabupaten Tanah Datar, serta mobil bus operasional sekolah di Kabupaten Agam.

Pemberian bantuan tersebut dilakukan secara simbolis Arviyan Arifin, disaksikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti di Desa
Talawi Mudiak Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto.

Hadir sebagai pihak yang menerima bantuan, yakni warga masyarakat, kepala desa dan pemangku adat itu. Arviyan di kesempatan ini menyampaikan alasan pemilihan bentuk bantuan. Untuk Sawahlunto misalnya, diberikan bantuan peralatan irigasi, karena wilayah ini banyak area persawahan, khususnya  di Kecamatan Talawi.

“Dengan pompa air tenaga surya, semoga dapat mengairi sawah dan dengan system irigasi ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan masa tanam hingga 3 kali dalam setahun, sehingga mampu mendorong perekonomian masyarakat,” kata Arviyan.

Disamping itu, Bukit Asam juga merespon bencana yang menjelang akhir tahun lalu terjadi di Sumbar. Banjir bandang yang terjadi pada Oktober lalu, lanjutnya, juga memberikan kesedihan bagi Bukit Asam.

“Karena itu, kita telah menyampaikan bantuan berupa pembangunan kembali jembatan Lintau Buo sepanjang 12 meter yang kemarin terputus akibat adanya banjir bandang,” imbuhnya.

Gubernur Irwan Prayitno mengapresiasi bantuan PT Bukit Asam yang peduli dengan Sumbar meski aktivitas pertambangan Ombilin saat ini makin menurun.

“Semoga semua sarana dan prasarana seperti Pompa air bertenaga surya yang sangat bermanfaat buat persawahan warga agar dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik,” kata Irwan. (jun)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here