Tawuran Antar Pemuda Desa Digagalkan Warga

Pemuda yang hendak tawuran dibina Polisi. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Dua kelompok pemuda dari desa Tanah Abang dan desa Penyandingan, Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL), Muara Enim, bersiap untuk bertemu, Jumat (14/6/2019).

Pertemuan dua kelompok pemuda ini ternyata untuk melakukan tawuran. Beruntung, hal tersebut berhasil digagalkan masyarakat.

Kapolres Muara Enim melalui Kapolsek Semendo AKP Feri Firdayanto mengatakan, kedua kelompok pemuda ini hendak bentrok namun berhasil dicegah kepala desa, orang tua dan tokoh masyarakat masing-masing desa yang terlebih dahulu mengetahui rencana aksi tersebut.

“Mereka kemudian diserahkan ke Polsek Semendo untuk dilakukan pembinaan. Jadi kita lakukan pembinaan kepada anak-anak muda ini, biar dia sadar akan pentingnya persaudaraan, kebersamaan dan saling menghormati,” ujar Kapolsek.

Para pemuda ini, lanjutnya dibina di Masjid Siti Umi Hasanah Desa Pulau Panggung, SDL oleh personil Polsek Semendo. Metode pembinaan yang dilakukan seperti perenungan dan penghayatan makna hidup, makna kebersamaan dan makna saling membatu dan menghargai.

“Kemudian diaplikasikan dengan kegiatan positif yakni bersama-sama melakukan kerja sosial membersihkan Masjid dan dilanjutkan dengan sholat berjamaah, biar kegiatan anak muda ini bermanfaat,” papar Kapolsek.

Kapolsek berpesan, agar para pemuda tersebut jangan hanya mengandalkan emosi semata, karena dapat membahayakan bagi dirinya atau orang lain, bahkan sampai pada perbuatan tindak pidana. “Kita berharap agar kamtibmas dapat selalu terjaga,” pungkasnya.(ans)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here