Festival Arakan Sahur, Tradisi Wisata Religi Turun Temurun di Kabupaten Tanjab Barat

Festival Arakan Sahur di Kabupaten Tanjab Barat. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap memasuki malam awal bulan Ramadan Pemerintah Tanjungjabung Barat menggelar tradisi Festival Arakan Sahur.

Meskipun diguyur hujan, ribuan masyarakat Kota Kualatungkal tetap antusias memadati sisi jalan protokol guna untuk melihat riuhnya festival tahun ini.

Berbagai atraksi dan alunan berbagai musik serta tabuhan beduk terdengar dari Festival Arakan Sahur yang disajikan para peserta menjelang datangnya sahur.

Tidak itu saja, berbagai kendaraan hiasan, seperti Alquran, masjid dan lainnya dengan hiasan lampu membuat masyarakat terhibur dalam menyambut awal bulan Ramadan.

Menurut salah satu warga Kualatungkal, menyambut baik kegiatan arakan sahur yang tiap tahun digelar ini.

“Dapat kita lihat, bagaimana semangatnya anak anak dan masyarakat menyaksikan kegiatan ini. Kegiatan positif ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan semangat anak anak dalam menyambut bulan ramadhan.

Dia berharap kegiatan ini kedepannya lebih baik lagi, dan juga berharap pemerintah lebih meningkatkan lagi baik dari kegiatan maupun hadiahnya,” ujarnya, Senin (5/5/2019) dini hari.

Sementara itu, Bupati Tanjungjabung Barat, Safrial mengatakan Festival Arakan Sahur ini untuk melestarikan kekayaan khazanah budaya masyarakat dalam bentuk wisata religi.

Disamping itu, dia berharap kegiatan ini mampu menjadi perekat dalam mempersatukan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai suku agama dan kepercayaan yang ada disini.

”Mari kita pererat tali silahturahmi sesama umat beragama agar terciptanya toleransi di Kabupaten Tanjab Barat ini,” tutur Safrial.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Tanjab Barat, Otto Riadi, mengatakan untuk jumlah peserta festival arakan sahur tahun ini sebanyak 15 peserta yang terdiri dari remaja masjid, organisasi pemuda, pesantren, sanggar seni, dan sebagainya.

“Tema festival tahun ini, yakni melalui festival arakan sahur Ramadan 1440 H, kita tingkatkan keimanan kepada Allah, Ibadah dan kerukunan beragama di Kabupaten Tanjab Barat,” tukasnya.(azi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here