23 Siswa SMK di Muara Enim Tak Ikut Ujian

 Siswa di SMKN 1 Muara Enim tengah bersiap sebelum UNBK dilaksanakan. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK dimulai hari ini, Senin (25/3/2019) hingga Kamis (28/3/2019) mendatang.

Di Kabupaten Muara Enim, dari total sebanyak 2.777 peserta ujian, 23 siswa di antaranya tidak hadir pada UNBK hari pertama kemarin.

“Tahun ini semua SMK sudah UNBK. Pesertanya sebanyak 2.777 siswa dari 19 SMK. Namun dari keseluruhan peserta, ada 23 siswa yang tidak hadir. Kebanyakan yang tidak hadir karena sudah berhenti atau mengundurkan diri, dan ada juga tidak hadir karena sakit,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Muara Enim, Misniati, Selasa (26/03/2019).

Misniati mengatakan, siswa yang tidak hadir pada UNBK tersebut, nantinya bisa mengikuti ujian susulan. “Sesuai jadwal Kemendikbud, UNBK susulan direncanakan akan berlangsung pada 15-16 April mendatang,” ungkapnya.

Ada empat mata pelajaran yang diujikan pada UNBK tingkat SMK, yakni Bahasa Indonesia,
Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

Karena jumlah unit komputer tak sebanding dengan jumlah siswa, di beberapa sekolah UNBK dilaksanakan dalam tiga sesi.

Sesi pertama dimulai pada pukul 07.30-9.30 Wib. Sesi kedua 10.30- 12.30 Wib, dan sesi terakhir dimulai pukul 14.00-16.00 Wib.

Disinggung mengenai kendala dalam pelaksanaan UNBK di hari pertama, Misniati menyatakan belum menerima laporan baik mengenai listrik padam maupun koneksi internet yang gangguan.

“Sejauh ini, Alhamdulillah berjalan lancar tidak ada kendala. Hanya saja yang dikhawatirkan masalah listrik. Kita juga sudah kirim surat permohonan ke PLN agar tidak terjadi pemadaman listrik selama pelaksanaan UNBK,” ucap dia.

Terpisah, Manajer PLN ULP Muara Enim, Budi Setiawan melalui Supervisor Teknik, Decky Taufan, memastikan pada saat pelaksanaan UNBK tidak ada listrik padam. Terkecuali, bersifat dadakan atau diluar kendali PLN.

“Kami pastikan tidak ada listrik padam karena disengaja. Kecuali padam karena diluar kendali. Jika pun terjadi padam listrik, kami upayakan percepatan penormalannya,” ungkap Decky.(azw)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here