Polisi Gagalkan Penyeludupan Ribuan Benih Baby Lobster

Benih Baby Lobster yang berhasil diamankan petugas. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Aksi penyelundupan baby lobster di Jambi masih saja berlangsung. Buktinya, jajaran Satreskrim Polres Muarojambi dan BKIPM Jambi berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster sebanyak 61.200 ekor di kawasan Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, Jambi di perbatasan Provinsi Sumatra Selatan.

Bersama barang bukti, petugas juga mengamankan satu orang pria dari Kabupaten Muarojambi.

Menurut Kepala BKIPM Jambi, Ade Samsudin, terungkapnya kasus ini setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat akan adanya pengiriman ribuan baby lobster.

Selanjutnya, petugas gabungan tersebut melakukan penyelidikan dan penyisiran di lokasi. Tidak lama kemudian, petugas mencurigai mobil Pick Up BE 9563 CU yang melintas.

Saat dihadang dan diperiksa, betapa terkejutnya petugas, melihat ribuan baby lobster berada di mobil. Pelaku juga sudah memodifikasi mobilnya.

Saat diperiksa, benih lobster tersebut dipacking dalam 319 toples kue dan dimasukkan kedalam sebuah tandon air berwarna orange yang berisi air laut. Tandon tersebut sudah dimodifikasi dengan sistem aerasi untuk suplay oksigen bagi benih lobster agar tidak mati.

“Setelah dihitung, baby lobster jenis pasir sebanyak 61.200 ekor dengan rincian 58.600 ekor dan jenis mutiara sebanyak 2.600 ekor,” kata Ade, Selasa (9/10/2018).

Dia menambahkan, jika dihitung kerugian negara akibat aksi penyelundupan tersebut bisa mencapai miliaran rupiah.

“Potensi kerugian negara bisa mencapai Rp9.180.000.000, dengan estimasi harga benih lobster Rp150.000 ekor,” ujarnya.

Rencananya, lanjut Ade, benih lobster yang sudah diamankan tersebut akan dilepasliarkan ke Pantai Caringin Loka, Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Serang Banten.

“Sementara pelaku beserta barang bukti yang diamankan pada Senin kemarin masih diproses di Polres Muarojambi,” tuturnya. (azi)

Leave a Reply