Presiden Jokowi Lantik Pasangan HDMY Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel

Herman Deru dan Mawardi Yahya dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, di Istana Negara, Jakarta, Senin/ Foto:liputan6.com (01/10/2018)

Jakarta, Kabarserasan.com—Presiden Joko Widodo, Senin (01/10/2018) siang di Istana Negara, Jakarta, melantik H Herman Deru dan Ir H Mawardi Yahya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Pelantikan pasangan HDMY ini, bersamaan dengan pelantikan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, dan Wakilnya, Hadi Mulyadi, untuk periode sama, 2018-2023. Kedua pasangan ini adalah pemenang Pilkada Serentak 2018 pada Juni 2018 lalu di daerah masing-masing.

Sebelumnya, 5 September 2018 lalu, Presiden Jokowi juga sudah melantik gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada Serentak 2018 di tujuh daerah lain, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Bali, Papua dan Nusa Tenggara Timur.

Acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel dan Kaltim, diawali pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 173/p dan 174/p Tahun 2018, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniawan dan dipandu langsung Presiden Jokowi

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya, sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil adilnya,” isi sumpah jabatan yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti kedua pasangan gubernur dan wakilnya yang dilantik.

Acara kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan serta penyematan tanda pangkat dan jabatan. Setelah itu, Presiden Jokowi dan para tamu undangan memberikan selamat kepada gubernur dan wagub yang baru saja resmi menjabat.
Hadir dalam pelantikan ini Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri kabinet kerja dan kepala lembaga negara. (fir)

Leave a Reply