Jokowi-Ma’ruf Amin Dapat Dukungan Dari Pemerhati Lingkungan Hidup di Jambi

Poros Hijau Indonesia. Kabarserasan.com/azi

JAMBI, Kabarserasan.com — Aktifis pemerhati lingkungan hidup di Jambi yang baru saja di deklarasikan, yakni Poros Hijau Indonesia secara terbuka mendukung calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pasalnya, mereka menilai hanya di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah berusaha untuk memperbaiki tata kelola lingkungan hidup dan sumber daya alam yang kronis di Indonesia.

Penegasan tersebut, diutarakan langsung oleh Rivani Noor, Koordinator Nasional Poros Hijau Indonesia saat berada di Jambi, Rabu (12/9/2018).

Menurutnya, isu lingkungan hidup dan sumber daya alam berkelanjutan harus tetap menjadi agenda strategis negara. Tata kelola lingkungan hidup yang baik wajib menjadi kiblat bagi perencanaan pembangunan nasional.
“Poros Hijau Indonesia akan mendorong pemerintah agar membangun perencanaan-perencanaan nasional berbasis pada tata kelola lingkungan hidup berkelanjutan, meminimkan ancaman kerusakan lingkungan hidup serta memulihkan sumber daya alam yang rusak,” ujar Rivani.

Dalam pandangannya, pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam merupakan keniscayaan. “Tanpa ada pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam berkelanjutan maka akan mengancam banyak sendi kehidupan, karena lingkungan hidup dan sumber daya alam yang rusak sama artinya dengan rusaknya masa depan bahkan peradaban, tandasnya.

Pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam, katanya, dilaksanakan melalui berbagai macam regulasi-regulasi yang salah satunya prosesnya melalui keputusan politik.

Sayangnya, sambungnya lagi, keputusan politik tentang tata kelola lingkungan dan sumber daya alam masih jauh dari prinsip-prinsip berkelanjutan, masih didominasi pendekatan eksploitatif.

Sementara itu, Feri Irawan, Ketua Panitia Deklarasi Daerah Poros Hijau Indonesia menilai program perhutanan sosial dan reformasi agraria merupakan program pengelolaan hidup yang membuka ruang partisipasi rakyat dan pengakuan hak tenurial sekaligus menyeimbangkan keseimbangan akses rakyat atas tanah serta mengentaskan kemiskinan di pedesaan.

“Perbaikan pengelolaan sungai, seperti Sungai Citarum secara integratif adalah contoh nyata komitmen Jokowi Widodo untuk memulihkan fungsi-fungsi sungai. Tindakan tegas terhadap pengelolaan limbah yang mengancam lingkungan hidup menyiratkan bahwa ada harapan adanya situasi lingkungan hidup yang lebih nyaman untuk kehidupan,” tegasnya.

Tidak itu saja, dia mengaku partisipasi warga dalam Pilpres sangat penting. “Dan yang tak kalah penting rakyat memilih capres dan cawapres yang mempunyai komitmen serta program lingkungan hidup yang kuat. Bagi kami itu ada dipasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin,” tegas Feri.

Dalam rapat tersebut, mereka mempersiapan Deklarasi Poros Hijau Indonesia Jambi yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018

“Rencananya dalam deklarasi tersebut, kami mengundang berbagai macam tokoh di Provinsi Jambi, tokoh nasional, Pengurus Nasional Poros Hijau Nasional dan Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin,” tuturnya.

Poros Hijau Indonesia sendiri merupakan organisasi yang didirikan oleh berbagai kalangan, baik dari unsur peneliti, penggiat organisasi keagamaan, penggiat lingkungan hidup, seniman dan lainnya.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here